Sabtu, 03 Agustus 2019

UMMUL MUKMININ PERNAH DITANYA PERKARA GEMPA


UMMUL MUKMININ PERNAH DITANYA PERKARA
 GEMPA BUMI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Menurut para pakar antara lain sebagaimana dinukil dari Wikipedia menjelaskan bahwa : Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi dipermukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. 

Nah, menurut para pakar pula, dalam perkara gempa, negeri kita ini termasuk salah satu dari 10 negara di dunia yang paling rawan gempa.

Biasanya ketika terjadi gempa di negeri kita maka banyak  orang baik pakar ataupun bukan pada bersegera menjelaskan bahwa gempa ini terjadi dengan ukuran sekian sekian dan penyebabnya adalah karena pergerakan kulit bumi, patahan lempeng ini dan itu dan berbagai keterangan lain.

Sebagian penjelasan tersebut ada yang membuat orang orang takut. Bahkan ada yang  mengadakan pesiapan  yang berlebihan meskipun waspada memang dianjurkan. Kenapa, karena sering dikabarkan di medsos bahwa gempa ini punya potensi tsunami di wilayah ini dan itu.

Atau ada pula yang mengabarkan bahwa bisa terjadi lagi  gempa yang lebih dahsyat dengan skala sekian yaitu dengan menyebutkan beberapa alasan. Tapi kita harus berbaik sangka bahwa yang mengabarkan demikian, aslinya mereka TIDAKLAH BERMAKSUD MENAKUTI NAKUTI ORANG BANYAK.

Bahkan kita juga berbaik sangka bahwa mereka yang mengabarkan itu sudah memahami sabda Rasulullah tentang HARAMNYA PERBUATAN menakut nakuti orang lain. Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam bersabda :

 لاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يُرَوِّعَ مُسْلِمًا 

Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain. (Shahih Sunan Abu Dawud).

Ketahuilah bahwa  Ibunda orang orang beriman, yaitu Aisyah radiyallahu ‘anha pernah menjelaskan perkara gempa dan ternyata beliau MENGKAITKANNYA DENGAN DOSA DAN MAKSIAT YANG DILAKUKAN MANUSIA. Kaitan ini tentu BETUL SEKALI karena Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ    

Dan musibah apa saja yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kesalahanmu). Q.S asy Syuura 30.
Para ulama menjelaskan bahwa kasabat aidiikum, perbuatan tanganmu dalam ayat ini maknanya adalah dosa dosa kalian.

Penjelasan Ibunda orang beriman, Aisyah radiyallahu ‘anha, PERKARA GEMPA BUMI disebutkan oleh Imam Ibnul Qayyim, beliau berkata : Suatu suatu waktu Anas bin Malik bersama seseorang lainnya mendatangi Aisyah. Orang yang bersama Anas itu bertanya kepada Aisyah : Wahai Ummul Mukminin jelaskan kepadaku tentang gempa.

Aisyah menjelaskan : Jika mereka telah menghalalkan zina, meminum khamar dan memainkan musik. Allah Azza Wajalla murka di langit-Nya dan berfirman kepada bumi : Goncanglah mereka. Jika mereka taubat dan meninggalkan (dosa), atau jika tidak, Dia akan menghancurkan mereka.

Orang itu bertanya kembali : Wahai Ummul Mukminin, apakah itu adzab bagi mereka?. Aisyah menjawab : (Gempa itu) nasehat dan rahmat bagi orang orang beriman. (Gempa itu) adzab dan kemurkaan bagi orang orang kafir.

Anas berkata : Tidak ada perkataan setelah perkataan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  yang paling mendatangkan kegembiraan bagiku melainkan perkataan ini. (Lihat al Jawabul Kafi).

Insya Allah ada manfaat bagi kita yaitu perkara yang berkaitan dengan gempa. Wallahu A’lam. (1.709)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar