Kamis, 29 Agustus 2019

PAGI WAKTU YANG BERKAH UNTUK MEMULAI KEGIATAN


PAGI WAKTU YANG BERKAH UNTUK MEMULAI KEGIATAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Waktu yang berkah adalah waktu yang penuh kebaikan dan kebaikan yang terus menerus datang. Ketahuilah bahwa  waktu pagi telah didoakan secara khusus oleh Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai waktu yang berkah. Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.

Apabila Nabi shallallahu ‘alaii Wasallam  mengirim sekelompok  pasukan, beliau (biasanya) mengirim pada pagi hari.

Sahabat Shakhr sendiri (yang meriwayatkan hadits ini, pen.) adalah seorang pedagang. Dia biasa membawa barang dagangannya ketika pagi hari.  Dia menjadi kaya dan banyak harta. Abu Daud mengatakan bahwa dia adalah Shakhr bin Wada’ah. (H.R Abu Daud no. 2606). Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

Ibnu Baththal mengatakan : Hadits ini tidak menunjukkan bahwa selain waktu pagi adalah waktu yang tidak diberkahi. Sesuatu yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (pada waktu tertentu) adalah waktu yang berkah dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebaik-baik uswah (suri teladan) bagi umatnya.

Adapun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan waktu pagi dengan mendoakan keberkahan pada waktu tersebut daripada waktu-waktu yang lainnya karena pada waktu pagi tersebut adalah waktu yang biasa digunakan manusia untuk memulai amal atau kegiatan.

Waktu tersebut adalah waktu bersemangat  untuk melakukan kegiatan. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan doa pada waktu tersebut agar seluruh umatnya mendapatkan berkah di dalamnya. (Syarhul Bukhari Libni Baththal).

Ingatlah bahwa burung burung pun berpagi pagi mencari rizki. Dari Umar bin al Khahthab radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصاً وَتَرُوحُ بِطَاناً

Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut PERGI PADA PAGI HARI dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang. (H.R Imam Ahma, Ibnu Majah, at Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Syaikh al Albani

Oleh sebab itu berpagi pagilah memulai berbagai kegiatan. Ketika  seseorang tak memiliki pekerjaan atau usaha rutin yang harus dilakukan di pagi hari maka carilah berbagai kegiatan di waktu pagi.

Orang orang beriman selesai shalat shubuh lalu  membaca dzikir setelah shalat serta dzikir pagi DAN TIDAK MEMBIASAKAN DIRI  untuk tidur  tapi segera melakukan segala sesuatu yang bermanfaat. Semoga setiap pagi betul betul menjadi berkah yaitu mendapat kebaikan yang banyak dan langgeng.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.747). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar