Kamis, 22 Agustus 2019

BERBUAT BAIK ADALAH CARA TERBAIK UNTUK MENDAPAT KEBAIKAN


BERBUAT BAIK ADALAH CARA TERBAIK
MENDAPATKAN KEBAIKAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap orang menginginkan banyak kebaikan terutama bagi dirinya, keluarganya, hartanya dan juga bagi saudaranya yang seaqidah. Untuk itulah makanya setiap saat orang orang beriman berdoa :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan lindungilah kami dari adzab neraka. (Q.S al Baqarah 201).
Selain berdoa, ketahuilah bahwa CARA TERBAIK untuk mendapatkan KEBAIKAN ADALAH DENGAN BERBUAT BAIK. Sungguh Allah Ta’ala memerintahkan manusia untuk berbuat baik. Allah berfirman :

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan BERBUAT KEBAIKAN, memberi bantuan kepada kerabat. Dan dia melarang (melakukan) perbuatan yang keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S an Nahal 90)

Ketahuilah, bahwa Allah Ta’ala telah banyak berbuat baik kepada manusia yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat bak kepadamu.  (Q.S al Qashash 77).

Dalam berbuat baik Allah Ta'ala  menyuruh orang beriman bukan hanya sekedar bersegera tetapi DISURUH BERLOMBA. Allah berfirman : 

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ

Maka berlomba lombalah kamu dalam kebaikan. (Q.S al Baqarah 148)

Ada hal penting yang perlu dicatat ketika berbuat baik yaitu : TIDAK MENGHARAPKAN BALASAN DARI MANUSIA tetapi  hanya MENGHARAPKAN PAHALA, KEBAIKAN DAN RIDHA ALLAH. Dengan kata lain melakukan kebaikan hanya IKHLAS KARENA ALLAH TA’ALA. Kalau seseorang meremehkan atau mengabaikan  keikhlasan dalam berbuat baik maka perbuatannya menjadi tak bernilai dan sungguh dia akan merugi.

Dalam hal keikhlasan ketika berbuat baik, perhatikanlah firman Allah berikut ini :

 (1) Surat al Lail ayat 20. Allah Ta’ala berfirman :

إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْأَعْلَىٰ  

Tetapi (dia memberikan itu semata mata) karena mencari keridhaan Rabb-nya yang Mahatinggi.

(2) Surat al Insan 8-9). Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا

Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. (Sambil berkata) : Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridhaan Allah. Kami tidak mengharapkan balasan dan terima kasih dari kamu.

Sungguh Allah Ta’ala akan membalas kebaikan dengan kebaikan pula sebagaimana  firman-Nya :

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula). Q.S ar Rahman 60.
Allah Ta’ala berfirman :

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ

Jika kamu berbuat baik (berarti)  kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. (Q.S al Isra’ 7)

Allah Ta’ala berfirman : 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلًا

Sungguh, mereka yang mengerjakan kebaikan, Kami benar benar tidak akan menyia nyiakan pahala orang yang berbuat baik itu. (Q.S al Kahfi 30)

Ketahuilah bahwa balasan kebaikan dari Allah Ta’ala  pasti lebih banyak, berlipat ganda dan lebih berkah. Sungguh Allah Ta’ala Mahakaya dan Maha Pemurah.

Oleh karena itu bersegeralah dan perbanyaklah  berbuat baik karena sesungguhnya kita tidak  mengetahui kebaikan mana yang akan memberatkan timbangan amal kita di akhirat kelak.

Ketika kesempatan berbuat baik telah ada didepan kita segera lakukan. Jangan diundur undur  apalagi dilalaikan. Fastabiqul khairat. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.735)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar