Kamis, 08 Agustus 2019

DOSA DUA TAHUN DIHAPUS DENGAN PUASA ARAFAH


DOSA DUA TAHUN DIHAPUS DENGAN PUASA ARAFAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya telah mengajarkan banyak jalan bagi orang orang beriman untuk menghapus dosanya. Satu diantaranya adalah ketika datang bulan Dzulhijjah ada kesempatan MENGHAPUS DOSA DUA TAHUN yaitu  tahun yang lalu dan tahun yang akan datang dengan PUASA ARAFAH pada tanggal 9-nya. 

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda :

أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والسنة التي بعده

Aku berharap kepada Allah semoga (puasa 9 Dzulhijjah) menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya. (H.R Imam Muslim).

Selain itu ketahuilah bahwa bulan Dzulhijjah adalah satu bulan yang diutamakan bahkan diistimewakan karena padanya AMAL AMAL SHALIH LEBIH DICINTAI ALLAH TA’ALA. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ» يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ؟ قَالَ: «وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, dia  berkata, Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda : Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya LEBIH DICINTAI oleh Allah daripada hari-hari ini (yaitu hari-hari awal sepuluh Dzulhijjah).  Mereka (para sahabat)  bertanya : Bagaimana dengan jihad dijalan Allah ?. Beliau shalalallahu’alaihi wasallam bersabda : Juga jihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya kemudian ia tidak kembali lagi dengan membawa sesuatu apapun (yaitu: ia mati syahid). H.R Abu Daud.  

Ingatlah bahwa  sungguh kita banyak berbuat dosa, sebagaimana disebutkan dalam satu hadits qudsi :

يا عبادي إنكم تخطئون في الليل والنهار وأنا أغفر الذنوب جميعاً فاستغفروني أغفر لكم

Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat salah pada malam dan siang, dan Aku mengampuni semua dosa, maka minta ampunlah kepada-Ku niscaya Aku akan mengampuni kalian. (H.R Imam Muslim).

Dan juga sebagaimana Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam yang menjelaskan bahwa kita banyak berbuat dosa :

كل بني آدم خطاء وخير الخطائين التوابون

Setiap bani Adam  banyak melakukan kesalahan dan sebaik-baik manusia yang banyak kesalahannya  adalah yang banyak bertaubat. (H.R at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Imam Ahmad dan juga yang selainnya). 
Oleh karena itu SANGAT PENTING  bagi kita semua untuk mencari dan menempuh berbagai jalan agar dosa kita diampuni. Diantaranya adalah dengan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah setiap tahun. Apalagi amal  10 hari awal bulan Dzulhijjah  dihitung sebagai amal yang LEBIH DICINTAI ALLAH TA'ALA dan tentu termasuk puasa hari Arafah ini yaitu sebagaimana keumuman makna hadits riwayat Abu Daud tersebut diatas. Jadi sungguh beruntunglah orang orang beriman yang mengamalkan puasa Arafah ini.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.716)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar