Senin, 12 Agustus 2019

MASJID QUBA DAN KEUTAMAANNYA YANG BANYAK


MASJID QUBA DAN KEUTAMAANNYA YANG BANYAK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh masjid Quba memiliki keutamaan yang banyak karena inilah masjid pertama yang dibangun Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam saat beliau  sampai di desa Quba dalam perjalanan menuju Madinah saat hijrah dari Makkah. Dan ini terjadi pada  tahun pertama Hijriah atau tahun 622 Masehi. Desa Quba ini berjarak sekitar 5 kilometer sebelah tenggara Kota Madinah. 

Diantara keutamaan juga dari masjid Quba ini adalah dipuji oleh Allah Ta’ala sebagai masjid yang  dibangun atas dasar takwa. Allah Ta’ala berfirman : 

لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Sungguh masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan shalat shalat di dalamnya dan didalamnya ada orang orang yang  ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang orang yang membersihkan diri. (Q.S at Taubah 108)

Syaikh as Sa’di berkata : Ia adalah masjid Quba yang didirikan di atas dasar keikhlasan menjalankan ketaatan kepada Allah Ta’ala, menegakkan dzikir kepada-Nya dan menegakkan syiar syiar agama-Nya. Ia adalah masjid tua yang terkenal itu.

Masjid yang utama ini “adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya”. Ia adalah masjid yang mulia dan orang orangnya juga mulia. Oleh karena itu ALLAH TA’ALA MEMUJI mereka dengan firman-Nya : “Di dalamnya ada orang orang yang ingin membersihkan diri” dari dosa, mensucikan diri dari kotoran, najis dan hadats. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Termasuk keutamaannya pula adalah setelah Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam menetap di Madinah dan membangun masjid Nabawi beliau senantiasa mengunjungi masjid ini sekali sepekan dan shalat di masjid ini. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullâh bin Umar, dia berkata : 

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي مَسْجِدَ قُبَاءٍ كُلَّ سَبْتٍ، مَاشِيًا وَرَاكِبًا فَيُصَلِّي فِيْهِ رَكْعَتَيْنِ

Dahulu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat dua rakaat. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Selanjutnya, yang juga merupakan keutamaan  dari masjid Quba adalah bahwa shalat di masjid ini mendapat PAHALA SEPERTI  MELAKUKAN IBADAH UMRAH.  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءَ، فَصَلَّى فِيهِ صَلَاةً، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَةٍ

Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke masjid Quba, kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah (H.R Ibnu Majah dan juga selainnya).

Begitu pentingnya keutamaan dan sejarah masjid yang sudah berumur lebih dari 1.400 tahun ini maka hampir semua jamaah haji ataupun jamaah umrah dari negeri kita memperoleh kesempatan untuk mengunjungi masjid ini. Dan semuanya bisa pula shalat sunnah di masjid Quba dengan berharap ridha Allah serta  pahala dari-Nya. 

Itulah diantara keutamaan masjid Quba, yaitu masjid yang pertama sekali dibangun oleh Rasulullah Salallahu’alaihi Wasallam. Wallahu A’lam. (1.724)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar