Kamis, 15 Agustus 2019

SIAPKAN WAKTU 35 MENIT SETIAP JUM AT UNTUK AL KAHFI


SIAPKAN WAKTU 35 MENIT SETIAP JUM AT UNTUK AL KAHFI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Surat al Kahfi, sangat kita kenal yaitu surat ke 18 dalam al Qur an al Karim. Surat ini termasuk surat Makkiyah yaitu diturunkan sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Jumlah ayatnya 110. 

Orang orang beriman sangatlah dianjurkan membaca surat ini pada hari Jum at sebagaimana dijelaskan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabdanya bahwa orang orang yang membaca surat al Kahfi pada hari Jum’at akan dipancarkan cahaya baginya :

Dari Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'Atiq. (H.R ad Darimi, an Nasai dan al Hakim, dishahihkan oleh Syaikh  al Albani).

Dalam riwayat lain, juga dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu  disebutkan :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum at. (H.R al Hakim dan al Baihaqi di shaihkan oleh Syaikh al Albani.

Membaca surat al Kahfi pada hari Jumat yang dimaksud adalah malam ataupun siangnya.  Imam asy Syafi'i rahimahullah mengatakan bahwa membaca surat al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum'at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya. (Kitab al Umm).

Dengan demikian maka  kesempatan membaca surat al Kahfi bisa  dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya. Jadi ada waktu yang cukup lapang yaitu 24 jam atau 1.440 menit.

Memang waktu 1.440 menit itu kita perlukan untuk berbagai urusan dan kesibukan. Namun demikian untuk meraih tambahan kebaikan   MAKA MULAI  JUM AT PEKAN INI kuatkan niat untuk  MENYIAPKAN WAKTU 35  MENIT untuk membaca surat al Kahfi setiap Jum at sebagaimana yang di sunnahkan.

Ketahuilah bahwa sungguh beruntunglah orang orang beriman yang selama ini sudah terbiasa MEMBACA SURAT AL KAHFI pada hari Jum at. Bagi yang belum terbiasa juga akan beruntung karena telah berniat sungguh sungguh untuk segera mengamalkannya mulai Jum at pekan ini. Berlombalah dalam kebaikan. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.730)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar