Selasa, 13 Agustus 2019

MAKNA DOA MEMINTA KEBAIKAN DUNIA DAN AKHIRAT


MAKNA DOA MINTA KEBAIKAN DUNIA DAN AKHIRAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap saat orang orang beriman membutuhkan pertolongan Allah Ta’ala terutama melalui doa. Diantara doa yang sering dan sangat dianjurkan untuk dibaca  adalah seperti yang diajarkan Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya, yaitu :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rabb kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat DAN LINDUNGILAH KAMI DARI ADZAB NERAKA. (Q.S al Baqarah 201)

Doa dengan lafazh ini sangat sering dibaca Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, sebagaimana hadits dari  Anas bin Malik, dia mengatakan bahwa  doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam adalah : Ya Rabb kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat DAN LINDUNGILAH KAMI DARI ADZAB NERAKA. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Sungguh sangatlah agung makna doa ini yaitu sebagaimana dijelaskan oleh Imam an Nawawi sebagai berikut : Pendapat yang lebih tepat mengenai tafsiran kebaikan di dunia adalah ibadah dan  kesehatan. Sedangkan kebaikan di akhirat        adalah surga dan ampunan Allah. Ada juga ulama yang mengatakan bahwa kebaikan di situ mencakup umum untuk seluruh kebaikan  di dunia dan akhirat. (Syarh Shahih Muslim)

Lalu ada pula sebagian orang   yang mengatakan bahwa dunia dan akhirat itu harus dikejar dengan seimbang atau fifty fifty sebagaimana doa ini, minta kebaikan dunia dan kebaikan akhirat. Orang yang punya pemahaman  seperti ini sebenarnya dia telah berbohong untuk menutup upaya dan kecintaannya mengejar dunia secara berlebihan.

Perhatikanlah, apakah orang orang ini sanggup untuk memanfaatkan waktu mengejar dunia hanya  12 jam dan untuk urusan akhirat atau beribadah 12 jam pula ?. Fakta menunjukkan bahwa sebagaian besar manusia menghabiskan sangat banyak waktu  untuk urusan dunianya. Dan sangat sedikit menggunakan waktu untuk urusan akhirat atau beribadah.

Selanjutnya perhatikanlah bahwa di dalam doa ini disebutkan bahwa meminta  dunia  hanya satu kali yaitu BERILAH KAMI KEBAIKAN DI DUNIA. Sementara itu ternyata meminta akhirat dua kali (1) Memohon kebaikan akhirat, dan (2) Memohon perlindungan dari adzab neraka. Jadi ketika ada yang mengatakan bahwa doa ini adalah minta dunia dan akhirat seimbang atau fifty fifty sangatlah tidak tepat.                         
Ingatlah bahwa Allah Ta’ala berfirman : 

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

Dan sungguh yang kemudian itu (kehidupan akhirat) lebih baik bagimu dari yang permulaan (kehidupan dunia). Q.S adh Dhuha 4.

Ketika Allah Ta’ala menjelaskan bahwa akhirat itu lebih baik maka tidak pas kalau mencari YANG LEBIH BAIK disamakan atau diseimbangkan  dengan mencari YANG BAIK (?). Mencari yang lebih baik harus lebih utama dan lebih banyak pengorbanan serta perjuangan dibanding mencari yang baik. Begitulah seharusnya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.727)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar