Minggu, 25 Agustus 2019

BENARKAH MANUSIA BUTUH TIDUR 7-8 JAM


BENARKAH MANUSIA BUTUH TIDUR 7-8 JAM SEHARI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setelah melakukan berbagai kegiatan sehari hari maka manusia butuh istirahat. Cara istirahat yang paling sempurna adalah tidur terutama di malam hari. Allah Ta’ala berfirman :

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

Dan Kami menjadikan tidurmu untuk beristirahat. (Q.S an Naba’ 9).

Tidur memang kebutuhan pokok manusia dan mendatangkan kebaikan. Lalu berapa lama tidur yang ideal atau dianjurkan untuk seseorang untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

Satu keterangan menyebutkan bahwa National Sleep Foundation pada laporan utamanya  dalam Majalah Health Journal pernah merekomendasikan lamanya waktu tidur bagi berbagai kelompok umur. Diantaranya adalah bahwa anak remaja butuh tidur 8-10 jam sehari semalam sedangkan orang tua butuh 7-8 jam.

Lalu manula yang berumur sekitar 60 atau 70 perlukah tidur 7-8 jam sehari. Ketahuilah bahwa para ulama dan orang orang shalih ternyata tak butuh tidur dalam waktu lama. Umumnya mereka tidur kira kira 4-5 jam bahkan ada yang kurang dari itu. Sebagian waktu malam digunakan  beribadah.

Sungguh Allah Ta’ala memuji orang orang yang sedikit tidurnya di malam hari dan banyak beribadah. Bahkan Allah mensifatinya sebagai orang yang bertakwa. Allah Ta’ala berfirman :

 كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ
وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam. Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah). Q.S adz Dzariyat 17-18.

Perhatikanlah bagaimana Imam asy Syafi’i menggunakan waktunya dimalam hari. Imam Adz Dzahabi dalam Siyar A’lamin Nubala  menyebutkan : Muhammad bin Basyr al ‘Akri dan selainnya berkata, telah bercerita pada kami ar Rabi’ bin Sulaiman, ia  berkata : Imam Syafi’i membagi waktu malamnya menjadi tiga : Sepertiga malam pertama untuk menulis, sepertiga malam kedua untuk shalat (malam) dan sepertiga malam terakhir untuk tidur. Imam Adz Dzahabi menyebutkan : Tiga aktifitas  ini beliau niatkan untuk ibadah. (Siyar A’lam an Nubala).

Berbicara tentang tidur, hakikatnya bukan lama atau sebentar yang berkaitan dengan kuantitas tapi KUALITASNYA. Jika kualitas tidur baik maka tidur yang sedikit sudah mencukupi insya Allah, misalnya sekitar 4-5 jam saja. 

Ketahuilah bahwa untuk mendapatkan tidur yang berkualitas bahkan mendatangkan pahala adalah : 

(1) Berniat tidur untuk bisa beristirahat dengan niat agar kuat beribadah dan kuat mencari rizki untuk menafkahi keluarga dan bersedekah. 
(2) Amalkan doa dan dzikir sebelum tidur yang diajarkan dan diamalkan  oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dan juga diamalkan oleh para sahabat dan orang orang shalih. 
(3) Berdoa memohon diberi kecukupan dengan tidur yang sedikit.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.739)   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar