Rabu, 07 Agustus 2019

DIANJURKAN BANYAK BERSEDEKAH SETELAH BERTAUBAT


DIANJURKAN BANYAK BERSEDEKAH SETELAH BERTAUBAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Terkadang kita merasa kasihan karena masih ada diantara teman teman kita yang tergelincir kepada keburukan dan perbuatan maksiat. Ini sangat membahayakan bagi dirinya apalagi kalau umurnya sudah lanjut bahkan sudah menjelang pensiun dari pekerjaannya. 
 
Diantara penyebabnya adalah : (1) Menuruti kemauan hawa nafsu yang cenderung kepada keburukan. (2) Menuruti rayuan syaithan yang selalu ingin mengelincirkan manusia kepada keburukan. (3) Tergoda berat dengan harta dan perhiasan dunia. (4) Bergaul dengan teman teman yang tak baik.

Setelah terus menerus berada dalam keburukan dan dosa lalu sadar tentang keburukan dan maksiat yang dia lakukan. Ini bisa terjadi melalui nasehat orang lain, atau menyaksikan peristiwa ataupun kisah kisah yang memberi peringatan lalu Allah berikan dia petunjuk. Selanjutnya dia menjadi orang yang beruntung dan sungguh sungguh bertaubat yaitu taubat nasuha dan segera melakukan amal amal shalih.

Selain itu, bagi orang yang sudah bertaubat ini sangat dianjurkan untuk segera banyak bersedekah. Membantu fakir miskin, anak yatim dan yang lainnya. Allah Ta’ala berfirman :

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika kamu menampakkan sedekahmu maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang orang fakir maka itu lebih baik bagimu DAN ALLAH AKAN MENGHAPUSKAN SEBAGIAN KESALAHAN KESALAHANMU. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.  (Q.S al Baqarah 271).

Selain itu, sangatlah dianjurkan untuk mengiringi perbuatan buruk dengan perbuatan baik dan sedekah adalah salah satu perbuatan baik yang sangat dianjurkan. Alah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah). Q.S Huud 114. 

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengingatkan pula bahwa salah satu keutamaan sedekah adalah akan menghapuskan dosa yaitu sebagaimana sabda beliau :

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. (H.R at Tirmidzi, di shahihkan oleh Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa anjuran bersedekah setelah berbuat dosa lalu bertaubat pernah dilakukan oleh seorang sahabat Rasulullah yaitu Ka’ab bin Malik. Diriwayatkan bahwa Ka’ab bin Malik tidak ikut perang Tabuk tanpa ada alasan yang syar’i. Padahal waktu itu dia dalam keadaan mampu baik secara fisik maupun harta atau biaya untuk ikut perang.

Sungguh akhirnya dia sangat bersedih dan menyesal. Lalu dia bertaubat dengan sungguh sungguh. Selanjutnya dia mengeluarkan harta yang banyak dan disedekahkan. Ini dijelaskan dalam satu hadits shahih. Ka’ab bin Malik berkata kepada Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasalam :

يَا رَسُولَ الله إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي أَنْ أَنَخْلع مِنْ مَاليِ صَدَقَةً إِلىَ اللهِ وَإِلَى رَسُولهِ. قَالَ رَسُولُ اللهِ: أَمْسِكْ عَلَيْكَ بَعْضَ مَالِكَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ قَالَ: فَإِنِيّ أُمْسِكُ سَهْمِي الَّذِي بِخَيْبَرَ . متفق عليه

Ya Rasulullah, SEBAGAI TANDA TAUBATKU, aku lepaskan hak milikku dari hartaku untuk sedekah di jalan Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah Salallahi ‘alaihi Wasallam  bersabda : Tahanlah sebagian dari hartamu, karena akan berguna bagimu. Ka’ab menjawab : Aku masih punya bagian hartaku (yang lain yaitu) dari harta rampasan perang Khaibar. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena maka orang orang beriman seharusnya memohon ampun setiap saat dan diiringi pula dengan memperbanyak sedekah. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.715).

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar