Sabtu, 10 Agustus 2019

AL QUR AN SEBAB TERBESAR UNTUK MENDAPAT RAKHMAT ALLAH


AL QUR AN SEBAB TERBESAR UNTUK MENDAPAT 
RAHMAT ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Apa itu rahmat Allah ?. Rahmat Allah adalah KASIH SAYANG ALLAH KEPADA MAKHLUKNYA. Dan Sungguh Allah Ta’ala Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ketahuilah bahwa rahmat Allah sangatlah luas dan mencakup segala sesuatu. Allah Ta’ala berfirman : 

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ۚ

Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. (Q.S al A’raf 156).

Rahmat Allah benar benar sangat luas bahkan mengalir terus kepada makhluk-Nya. Ketika rahmat-Nya terputus maka makhluk-Nya bisa binasa. Sungguh kita  bisa bergerak, berbicara, beribadah, mengikuti petunjuk-Nya dan yang lainnya hanyalah karena rahmat Allah Ta’ala.

Oleh karena itu seorang hamba senantiasa membutuhkan dan mengharapkan rahmat-Nya. Bahkan dengan rahmat Allah manusia  masuk surga. Rasulullah bersabda :

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ « لَنْ يُدْخِلَ أَحَدًا عَمَلُهُ الْجَنَّةَ » . قَالُوا وَلاَ أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « لاَ ، وَلاَ أَنَا إِلاَّ أَنْ يَتَغَمَّدَنِى اللَّهُ بِفَضْلٍ وَرَحْمَةٍ

Sesungguhnya Abu Hurairah berkata, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Amal seseorang tidak akan memasukkannya ke dalam surga. (Sahabat bertanya) Engkau juga tidak wahai Rasulullah ?, Beliau menjawab : Aku pun tidak. Itu semua hanyalah karena karunia dan RAHMAT ALLAH. (H.R Imam  Bukhari no. 5673 dan Imam Muslim no. 2816)

Ketahuilah  bahwa Allah Ta’ala telah mengajarkan banyak sekali cara untuk mendapatkan rahmat-Nya. Diantara yang paling utama adalah MENGIKUTI AL QUR AN DAN MENGAMALKANNYA. Allah Ta’ala berfirman :

وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dan ini adalah Kitab (al Qur an) yang Kami turunkan dengan penuh berkah. IKUTILAH dan bertakwalah agar KAMU MENDAPAT RAHMAT. (Q.S al An’am 155).

Imam Ibnu Katsir berkata : Allah Ta’ala mendorong hamba hamba-Nya untuk mencintai Kitab-Nya dan memerintahkan (mereka) untuk memahami , mengamalkan dan mendakwahkannya. Allah Ta’ala menyifatinya sebagai Kitab yang diberkati bagi orang orang yang mengikuti dan mengamalkannya. Karena dia merupakan tali Allah yang sangat kuat. (Tafsir Ibnu Katsir).

Tentang ayat ini pula, Syaikh as Sa’di berkata : “Dan ini” yaitu al Qur an yang agung peringatan yang bijaksana, ini “yang Kami turunkan dengan penuh berkah” yakni didalamnya berisi kebaikan yang banyak dan ilmu yang melimpah. Kitab inilah yang MENJADI SANDARAN SEMUA ILMU dan darinya berbagai keberkahan dikeluarkan.

Tidak ada satu kebaikan pun melainkan telah diserukan dan diperintahkannya serta menjelaskan berbagai hikmah dan kemashlahatan yang memotivasi kepadanya. Tidak ada satu keburukan pun melainkan telah dilarangnya. Dan menjelaskan sebab sebab yang menjauhkan dari melakukannya dan berbagai akibat buruknya. “maka ikutilah dia” dalam segala yang diperintahkan dan yang dilarangnya serta bangunlah pokok pokok agama kalian dan cabang cabangnya di atas landasannya. “Dan bertakwalah” takutlah kepada Allah dari menyelisihi perintah al Qur an. “agar kamu” JIKA MENGIKUTINYA “DIBERI RAHMAT”.

Jadi, sebab terbesar untuk meraih RAHMAT ALLAH ADALAH DENGAN MENGIKUTI KITAB INI, baik ilmu maupun pengamalannya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Oleh karena itu, ketika al Qur an dijadikan SEBAGAI KITAB YANG DIIKUTI, DIPAHAMI DAN DIAMALKAN maka itulah jalan paling utama untuk mendapatkan rahmat Allah Ta’ala. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.720). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar