Senin, 24 Juni 2019

CARA MENDAPATKAN KARUNIA YANG DIJANJIKAN ALLAH


CARA MENDAPATKAN KARUNIA YANG DIJANJIKAN ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Saudaraku, selain kebaikan dan nikmat yang telah kita terima saat ini, sungguh Allah Ta’ala telah menjajikan pula berbagai karunia, kebaikan dan nikmat bagi hamba hamba-Nya dan juga tambahannya. Dan Allah Ta’ala menjelaskan pula cara mendapatkannya. Cara mendapatkan atau meraih janji janji Allah itu ternyata tidaklah TERLALU sulit terutama bagi orang orang yang diberi-Nya petunjuk serta selalu memohon pertolongan-Nya. 

Ketahuilah bahwa sangatlah banyak karunia, nikmat berupa kebaikan yang dijanjikan Allah Yang Maha Penyayang untuk hamba hamba-Nya sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya. Diantaranya adalah :

Pertama : Allah Ta’ala berjanji menolong hamba hamba-Nya. Cara MENDAPATKANNYA adalah dengan menolong agama-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

  وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa. (Q.S  al Hajj  40).

Syaikh as Sa’di berkata : (Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) Nya), yaitu orang yang melakukan pembelaan terhadap agamanya dengan ikhlas kepada-Nya dalam melaksanakannya. Berjuang di jalan-Nya agar kalimatullah-lah yang paling tinggi. Kemudian mintalah kemenangan dari-Nya. Sudah mesti Dia akan menolong kalian. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Selain itu Allah berjanji akan meneguhkan kedudukan orang yang beriman yang senantiasa berusaha menolong (agama) Allah. Allah berfirman : 

  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Wahai orang orang yang beriman !. Jika kamu menolong (agama) Allah niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.   (Q.S Muhammad 7). 

Syaikh as Sa’di berkata : Ini merupakan janji dari Allah Ta’ala Yang Mahamulia dan Mahabenar janjinya. (Caranya atau syaratnya yaitu), siapapun yang menolong-Nya dengan perkataan dan perbuatan maka akan diberi  pertolongan  serta diberi kemudahan untuk mendapatkan kemenangan seperti keteguhan hati dan (kebaikan) yang lainnya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Kedua :  Allah Ta’ala berjanji akan menambah nikmat-Nya. Cara MENDAPATKANNYA adalah dengan bersyukur kepada-Nya. Allah Ta’ala berfirman :
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Rabb-mu memaklumkan : Sesungguhnya, jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. Tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti adzab-Ku sangat berat.  (Q.S Ibrahim ayat 7).

Ketiga : Allah berjanji akan mengabulkan doa. Cara MENDAPATKANNYA adalah dengan memenuhi perintah-Nya dan beriman kepada-Nya. Allah Ta’ala berfirman : 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi perintah-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (Q.S al Baqarah 186).

Keempat : Allah berjanji memberi jalan keluar dan memberi rizki dari arah yang tak disangka sangka. Cara MENDAPATKANNYA adalah dengan bertakwa kepada-Nya. Allah Ta’ala berfirman : 

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا
وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberi rezki dari arah yang tidak disangkanya. (Q.S ath Thalaq 2-3).

Kelima : Allah berjanji memasukkan ke surga. Ini adalah PUNCAK KARUNIA ALLAH TA’ALA. Cara MENDAPATKANNYA adalah dengan beriman dan beramal shalih. 

(1) Allah Ta’ala berfirman : 

وَبَشِّرِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُۖ كُلَّمَا رُزِقُواْ مِنۡهَا مِن ثَمَرَةٖ رِّزۡقٗا قَالُواْ هَٰذَا ٱلَّذِي رُزِقۡنَا مِن قَبۡلُۖ وَأُتُواْ بِهِۦ مُتَشَٰبِهٗاۖ وَلَهُمۡ فِيهَآ أَزۡوَٰجٞ مُّطَهَّرَةٞۖ وَهُمۡ فِيهَا خَٰلِدُونَ

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai. Setiap kali mereka diberi rizki buah buahan dari surga mereka berkata, inilah rizki yang diberikan kepada kami dahulu. Mereka telah diberi (buah buahan) yang serupa. Dan disana mereka (memperoleh) pasangan pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.  (Q.S al Baqarah 25).

(2) Allah Ta’ala berfirman :

فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَيُدۡخِلُهُمۡ رَبُّهُمۡ فِي رَحۡمَتِهِۦۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡمُبِينُ ٠

  Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka Rabb mereka memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga). Itulah keberuntungan yang nyata. (Q.S al Jaatsiyah 30).
                                                                                       
Imam Ibnu Katsir berkata : Allah memberitahukan tentang keputusan yang Dia berikan kepada semua makhluk-Nya pada hari Kiamat kelak. “Adapun orang orang yang beriman dan beramal shalih, yakni hati mereka beriman lalu seluruh anggota badan mereka mengerjakan amal shalih (yaitu) yang dikerjakan secara tulus dan sesuai dengan syariat “maka Rabb mereka memasukkan mereka kedalam rahmat-Nya, yaitu surga. (Tafsir Ibnu Katsir)

Itulah sebagian karunia dan kebaikan  yang telah Allah Ta’ala janjikan unuk hamba hamba-Nya yaitu yang bersungguh sungguh memenuhi dan mematuhi apa yang disyariatkan-Nya. 
Dan Allah Ta’ala mengajarkan satu doa bagi orang orang beriman untuk memperoleh kebaikan  yang Allah Ta’ala janjikan, sebagaimana firman-Nya :

رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَىٰ رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ

Ya Rabb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari Kiamat. SUNGGUH ENGKAU TAK PERNAH MENGINGKARI JANJI. (Q.S Ali Imran 194). 

Semoga Allah Ta’ala memberi kita karunia dan kebaikan yang banyak dan menyelamatkan kita di dunia dan di akhirat kelak. Aamiin. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.671).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar