Sabtu, 01 Juni 2019

ABU BAKAR ORANG PERTAMA MASUK SURGA DARI UMAT INI


ABU BAKAR ORANG PERTAMA  MASUK SURGA 
DARI UMAT INI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam wafat, pada tahun ke 11 H atau tahun 632 M maka setelah melalui beberapa diskusi antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar di Saqifah Bani Sa’adah maka diangkatlah Abu Bakar ash Shiddiq sebagai khalifah pertama. Beliau menjadi khalifah sekitar 2 tahun yaitu sampai wafatnya beliau tahun 13 H.

Beliau adalah sahabat paling dekat dengan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dan beliau adalah termasuk kelompok orang laki laki dewasa yang pertama tama masuk Islam.

Selain itu beliau adalah pemegang gelar shiddiqin. Ketahuilah bahwa shiddiqiyah adalah maqam tertinggi yang bisa diraih manusia setelah Nabi dan Rasul. Allah telah menjelaskan tingkatan manusia yang mendapat nikmat sebagaimana firman-Nya :

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا    

Barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya mereka itu akan bersama dengan orang orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah yaitu para Nabi, SHIDDIQIN, orang orang yang syahid dan orang orang shalih. Dan mereka itulah teman yang sebaik baiknya. (Q.S an Nisa’ 69)

Ketahuilah bahwa diantara Nabi dan Rasul yang pertama memasuki pintu surga adalah Muhammad Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam : Dari Anas bin Malik, ia berkata :
 
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتَفْتِحُ فَيَقُولُ الْخَازِنُ مَنْ أَنْتَ فَأَقُولُ مُحَمَّدٌ فَيَقُولُ بِكَ أُمِرْتُ لَا أَفْتَحُ لِأَحَدٍ قَبْلَكَ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Aku mendatangi pintu surga pada hari Kiamat. Lalu aku minta dibukakan, maka penjaga pintu Surga berkata : Siapakah engkau ?. Lalu aku jawab :Aku Muhammad.  Lantas malaikat tersebut berkata : Aku diperintahkan dengan sebab engkau. Aku tidak membukanya untuk seorangpun sebelum engkau. (H.R Imam Muslim).

Sungguh dengan  kemuliaan dan keutamaan   yang banyak pada diri Abu Bakar maka Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan bahwa Abu Bakar adalah umat Muhammad yang pertama kali masuk surga. 

Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam (pernah) berkata kepada Abu Bakar Radhiyallahu anhu :

أَمَا إِنَّكَ يَا أبَا بَكْرٍ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مِنْ أُمَّتِي

Adapun engkau , sesungguhnya engkau wahai Abu Bakar adalah orang yang pertama masuk surga dari umat ini. (H.R Abu Dawud).

Dalam Shahihain disebutkan pula bahwa  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa Abu Bakar adalah orang yang akan dipanggil dari semua pintu surga yang delapan, sebagaimana sabda beliau : 

مَنْ أَنْفَقَ زَوْجَيْنِ فِي سَبِيلِ اللهِ نُودِيَ مِنْ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَا عَبْدَ اللهِ هذَا خَيْرٌ؛ فَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّلاةِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الصَّلاَةِ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجِهَادِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الْجِهَادِ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصِّيَامِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الرَّيَّانِ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الصَّدَقَةِ
فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ رضي الله عنه: بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي، يَا رَسُولَ اللهِ مَا عَلَى مَنْ دُعِيَ مِنْ تِلْكَ الأَبْوَابِ مِنْ ضَرُورَةٍ، فَهَلْ يُدْعَى أَحَدٌ مِنْ تلْكَ الأَبْوَابِ كُلِّهَا قَالَ: نَعَمْ وَأَرْجُو أَنْ تَكُونَ مِنْهُمْ

Barangsiapa menginfakkan sesuatu yang berpasangan dijalan Allah, maka dia akan dipanggil dari beberapa pintu surga. (Penjaga mengatakan) :  Wahai hamba Allah, ini lebih baik.
Barangsiapa yang selalu melaksanakan shalat, maka akan dipanggil dari pintu shalat.
Barangsiapa termasuk orang-orang pernah berjihad, maka akan dipanggil dari pintu jihad.
Barangsiapa gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah.
Barangsiapa tekun berpuasa, maka dipanggil dari pintu puasa dan pintu ar Rayyan.

Maka Abu Bakar Radhiyallahu anhu berkata : Wahai Rasulullah !. Seseorang tidak perlu dipanggil dari semua pintu , adakah orang yang dipanggil dari semua pintu ?. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : Ya, dan aku berharap engkau termasuk dari mereka wahai Abu Bakar. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Sungguh sangatlah besar nikmat yang Allah Azza wa Jalla yang dianugerahkan  kepada pribadi Abu Bakar ash Shiddiq radhiyallahu anhu karena menjadi orang pertama yang akan memasuki surga-Nya setelah Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bahkan dia boleh masuk dari pintu manapun dari pintu surga yang dia inginkan.

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (1.637)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar