Minggu, 27 Desember 2015

BERUSAHA MELAZIMKAN SHALAT MALAM



BERUSAHALAH MELAZIMKAN SHALAT MALAM

Oleh : Azwir B. Chaniago

Disunahkan bagi seorang Muslim untuk istiqamah mengerjakan beberapa rakaat tertentu shalat malam yang senantiasa dia kerjakan. Jika dia merasa bersemangat dia bisa memanjangkan shalatnya. Jika lagi kurang bersemangat maka dia bisa meringannya (DR. Sa’id al Qathani)

Jadi inti dari anjuran DR. Sa’id al Qathani adalah agar seorang Muslim berusaha untuk secara rutin melaksanakan shalat malam meskipun hanya beberapa rakaat yang dia mampu karena memang shalat lail bukanlah shalat wajib.

Sungguh Rasulullah mengabarkan bahwa amal yang sedikit tapi kontinyu adalah amalan yang paling disukai Allah Ta’ala. Rasulullah bersabda : “Ahabbul ‘amali ilallahi maa daawama shahibuhu wa inn qalla”. Amal yang paling disukai Allah adalah amalan yang dikerjakan pemiliknya secara berkesinambungan, meskipun sedikit. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Ketahuilah bahwa shalat malam merupakan shalat paling utama setelah shalat fardhu dan shalat ini merupakan kebiasaan orang  orang shalih dan tentu sangat baik jika kita ikut melazimkannya.

Rasulullah bersabda : “Afdhalush shalaati ba’da shalaatil maktuubati ash shalatu fii jaufil laili”. Shalat yang paling utama setelah shalat yang fardhu adalah shalat ditengah malam. (H.R Imam Muslim dari Abu Hurairah).

Rasulullah bersabda : ‘Alaikum biqiyamil laili fainnahu dakbush shalihiina qablakum, wahuwa qurbatun lakum ilaa rabbikum, wa maghfaratun lissaiyati wa manhaatunanil itsmi. Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang orang shaleh sebelum kalian, ia sebagai amal taqarrub bagi kalian kepada Allah, penghapus kesalahan kesalahan dan menjauhkan dosa. (H.R Imam at Tirmidzi, Imam al Baihaqi dan al Hakim).

Dalam suatu riwayat ada disebutkan bahwa Abdul ‘Aziz bin Abi Daud berbaring di atas dipan seraya berkata : Alangkah empuknya kamu. Tetapi dipan surga jauh lebih empuk darimu. Ia lalu berdiri untuk mengerjakan shalat. Dan masih terus shalat hingga fajar menyingsing.

Semoga Allah Ta’ala memberi kita kekuatan untuk senantiasa melakukan ibadah yang sangat baik ini. Insya Allah bermanfaat bagi kita semua.

Wallahu A’lam. (520).   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar