Rabu, 30 Januari 2019

SIAPAKAH WANITA YANG DIMUDAHKAN MASUK SURGA


SIAPAKAH WANITA YANG DIMUDAHKAN MASUK SURGA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh setiap orang beriman memiliki satu keinginan yang sangat kuat yaitu untuk mendapatkan surga. Dan Allah Ta’ala menyeru manusia untuk masuk ke surga-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

وَ اللّٰہُ یَدۡعُوۡۤا اِلٰی دَارِ السَّلٰمِ ؕ وَ یَہۡدِیۡ مَنۡ یَّشَآءُ اِلٰی صِرَاطٍ مُّسۡتَقِیۡمٍ

Dan Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga) dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus (Islam). Q.S Yunus 25.

Sungguh Allah Ta’ala telah menjelaskan bahwa manusia yang  selamat masuk surga adalah yang memiliki  IMAN DAN AMAL SHALIH. Allah Ta’ala berfirman :

وَبَشِّرِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُۖ كُلَّمَا رُزِقُواْ مِنۡهَا مِن ثَمَرَةٖ رِّزۡقٗا قَالُواْ هَٰذَا ٱلَّذِي رُزِقۡنَا مِن قَبۡلُۖ وَأُتُواْ بِهِۦ مُتَشَٰبِهٗاۖ وَلَهُمۡ فِيهَآ أَزۡوَٰجٞ مُّطَهَّرَةٞۖ وَهُمۡ فِيهَا خَٰلِدُونَ

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai. Setiap kali mereka diberi rizki buah buahan dari surga mereka berkata, inilah rizki yang diberikan kepada kami dahulu. Mereka telah diberi (buah buahan) yang serupa. Dan disana mereka (memperoleh) pasangan pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.  (Q.S al Baqarah 25).

Diantara manusia ada yang mendapat kemudahan masuk surga. Tak banyak syaratnya. Siapa mereka itu ?. Mereka adalah wanita   yang beriman,  shalat, berpuasa menjaga kehormatannya dan patuh kepada suami. Bahkan mereka diberi keutamaan untuk MEMILIH DIANTARA 8 PINTU SURGA YANG DIINGINKANNYA.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya : Masuklah ke dalam surga dari pintu mana pun yang engkau mau. (H.R Imam Ahmad, dihasankan oleh Syaikh al Albani)

Selain itu ada lagi berita gembira bagi   wanita dunia yang masuk surga. Mereka  tak perlu takut kalah bersaing dengan bidadari surga karena wanita dunia akan  menjadi wanita lebih utama   dari pada bidadari surga.

Kita mengetahui  dalam banyak riwayat  bahwa bidadari surga itu memiliki banyak kelebihan dari hal kecantikan, kesetiaan, akhlak dan yang lainnya.

Allah Ta’ala berfirman :

فِيهِنَّ خَيْرَاتٌ حِسَانٌ

Di dalam surga surga itu ada bidadari bidadari yang baik baik dan cantik jelita. (Q.S ar Rahman 70).

Akan  tetapi ketahuilah bahwa semua kelebihan bidadari surga itu  akan kalah dengan wanita wanita dunia yang masuk surga, sebagaimana hadits  dari pertanyaan dari Ummu Salamah : Ya Rasulullah, mana yang lebih afdhal, bidadari asli surga ataukah wanita dunia ?.

Beliau bersabda : “Wanita dunia  lebih afdhal dari pada bidadari asli surga. Sebagaimana bagian luar baju lebih bagus dari pada bagian dalamnya.”

Ummu Salamah bertanya : Mengapa bisa demikian, ya Rasulullah ?. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Disebabkan karena mereka (wanita dari dunia) shalat, berpuasa, dan melakukan ibadah kepada Allah. Allah berikan dia  (wanita dunia yang masuk surga) hiasan cahaya di wajahnya, memakai sutra putih warnanya, dan baju berwarna hijau, serta perhiasan kuning mengkilap. (H.R ath Thabrani).

Oleh karena itu berbahagialah para muslimah yang beriman dan selalu menjaga dirinya. Engkau bisa masuk surga dan akan menjadi wanita utama. Dan kecantikanmu di surga nanti mengalahkan kecantikan bidadari surga. Alhamdulillah. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.532)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar