Sabtu, 05 Januari 2019

DAPATKAN PAHALA PUASA DUA TAHUN PENUH


DAPATKAN PAHALA PUASA DUA TAHUN PENUH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Shaum atau puasa adalah salah satu ibadah yang kuat  rasa keikhlasan padanya. Orang yang berpuasa lebih bisa dan mudah menjaga diri dalam ibadah ini dari perbuatan riya karena ibadah puasa bisa disembunyikan dan tak diketahui orang lain. Yang tahu hanya  Allah Ta’ala dan diri orang yang berpuasa. 

Ketahuilah bahwa  sangatlah banyak keutamaan ibadah puasa. Diantaranya adalah dijauhkan dari api neraka. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

ما من عبد يصوم يوما في سبيل الله إلا باعد الله بذالك وجهه عن النار سبعين خريفا

Tidaklah seorang hamba yang berpuasa (satu hari)  di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam  bersabda :

قَالَ رَبُّنَا عَزَّ وَجَلَّ : الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ، وَهُوَ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Rabb kita ‘azza wa jalla berfirman, PUASA ADALAH PERISAI, yang dengannya seorang hamba membentengi diri dari api neraka, dan puasa itu untuk-Ku, Aku-lah yang akan membalasnya. (H.R. Imam Ahmad).

Syaikh Shalih Fauzan hafidzahullah menjelaskan : Maksudnya puasa adalah penghalang antara dirinya dengan api neraka, ini mencakup puasa yang wajib seperti puasa Ramadhan dan juga puasa sunnah seperti puasa enam hari di bulan Syawal, puasa Senin-Kamis, puasa tiga hari setiap bulan, puasa Dzulhijjah, puasa Arafah, dan puasa ‘Asyura. (Lihat al Minhatu ar Rabaniyyah fii Syarhi al Arba’in an Nawawiyyah).

Oleh karena itu seorang hamba akan berusaha untuk banyak melakukan ibadah puasa ini.  Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengajarkan dan memberi contoh kepada kita untuk mendapatkan pahala yang banyak dari ibadah puasa yaitu SEPERTI BERPUASA SEPANJANG TAHUN. Diantaranya adalah dengan :

Pertama : Berpuasa tiga hari setiap bulan.

Sangatlah baik untuk berpuasa tiga hari dalam sebulan dan utamanya pada pertengahan bulan. Rasulullah bersabda : 

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15.  (H.R at Tirmidzi  dan An Nasai, Abu Isa at Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini Hasan).

Nabi tidak pernah meninggalkan puasa tiga hari ini. Bahkan disebutkan bahwasanya Rasulullah selalu berpuasa pada hari purnama ini, baik pada saat mukim maupun pada saat safar. (H.R an Nasa’i dan ath Thabrani)

Diantara keutamaan puasa tiga hari setiap bulan adalah sebagaimana Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah SEPERTI BERPUASA SEPANJANG TAHUN. (H.R Imam Bukhari).

Kedua : Berpuasa 6 hari di bulan Syawal.

Rasulullah  Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan  lalu mengikutinya dengan enam hari puasa pada bulan Syawal maka DIA SEPERTI BERPUASA SELAMA SETAHUN. (H.R Imam Muslim, Imam Ahmad at Tirmidzi dan Abu Dawud).

Kesimpulannya adalah bahwa jika seseorang (1) Berpuasa tiga hari dalam sebulan dan (2) Berpuasa enam hari di bulan Syawal akan bernilai seperti berpuasa selama dua tahun penuh. Kebaikan ini akan semakin bertambah ketika seseorang juga melakukan ibadah ibadah puasa selain yang dua macam tersebut seperti puasa Senin-Kamis, puasa Dawud, puasa Arafah, puasa Asyura dan yang lainnya.

Sungguh Allah Ta’ala berfirman : 

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizhalimi). Q.S al An’am 160.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.500)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar