Sabtu, 19 Januari 2019

EMPAT KALIMAT PILIHAN ALLAH BAGI HAMBA HAMBANYA


EMPAT KALIMAT PILIHAN ALLAH BAGI HAMBA HAMBANYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memilih empat kalimat thaiyibah bagi para hambaNya yaitu : SUBHANALLAH, ALHAMDULILLAH, LAA ILAHA ILALLAH, ALLAHU AKBAR. Dan Allah Ta’ala melalui Rasul-nya telah menjanjikan banyak kebaikan serta  pahala yang besar dan banyak kebaikan,   bagi orang orang beriman  yang melazimkan diri untuk  selalu membacanya. 

Bagi orang orang beriman, kalimat ini insya Allah mudah untuk diucapkan pada banyak waktu dan kesempatan. Misalnya : (1) Ketika berkendaraan apalagi saat dihadang kemacetan. (2) Ketika menunggu antrian. (3) Ketika menunggu dimulainya satu kajian. (4) Dalam perjalanan dari rumah ke masjid dan pulang kerumah dari masjid, bagi laki laki yang  shalat berjamaah lima kali sehari. (5) Ketika melakukan kegiatan di rumah seperti memasak, membersihkan rumah, merawat tanaman dan banyak lagi kesempatan yang lain. 

Sungguh sangatlah banyak keutamaan   berdzikir dengan membaca empat kalimat ini, diantaranya adalah :

Pertama : Mendatangkan kebaikan dan penghapus dosa

« إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى مِنَ الْكَلاَمِ أَرْبَعاً سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ فَمَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ عِشْرِينَ حَسَنَةً أَوْ حَطَّ عَنْهُ عِشْرِينَ سَيِّئَةً وَمَنْ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ مِنْ قِبَلِ نَفْسِهِ كُتِبَتْ لَهُ ثَلاَثُونَ حَسَنَةً وَحُطَّ عَنْهُ ثَلاَثُونَ سَيِّئَةً

Dari Abu Sa’id al Khudri dan Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya Allah telah memilih empat perkataan : Subhanallah (Maha Suci Allah) dan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) dan Laa ilaaha illalallah (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah) dan Allahu Akbar (Allah Maha Besar).

Barangsiapa mengucapkan Subhaanallah, maka Allah akan menulis dua puluh kebaikan baginya dan menggugurkan dua puluh dosa darinya, dan barangsiapa mengucapkan Allahu Akbar, maka Allah akan menulis seperti itu juga, dan barangsiapa mengucapkan Laa Ilaaha illallah, maka akan seperti itu juga, dan barangsiapa mengucapkan Alhamdulillahi Rabbil ‘aalamiin dari relung hatinya maka Allah akan menulis tiga puluh kebaikan untuknya dan digugurkan tiga puluh dosa darinya. (H.R Imam Ahmad)

Kedua : Sebagai penghalang dari api neraka.

Ketahuilah bahwa  empat kalimat ini akan datang pada hari Kiamat dan menjadi perisai atau penghalang seseorang yang selalu mengucapkannya, dari jilatan api neraka. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda : “Khudzuu junnatakum” Ambillah perisai kalian.

Lalu para sahabat berkata : Wahai Rasulullah, apakah ada musuh yang datang ?. Rasulullah bersabda : “Tidak (tidak ada musuh yang datang) akan tetapi (ambillah) perisai (sebagai pelindung) dari Neraka, yakni dengan mengucapkan : 1. Subhanallah 2. Alhamdulillah 3. La ilaaha ilallah 4. Allahu Akbar. Keempat kalimat itu akan datang di hari Kiamat sebagai mujannabaat (yang berjalan disisi kita) dan sebagai mu’aqqibaat (yang berjalan dibelakang kita). Keempat kalimat itu merupakan al baaqiyaatush shaalihaat (kekal pahalanya hingga hari Kiamat dan berguna bagi pembacanya). Hadits Hasan, Lihat Shahiihut Targhib  wat Tarhib).

Selain itu, ketahuilah bahwa empat kalimat thaiyibah ini adalah kalimat yang paling dicintai Allah Ta’ala. Oleh karena itu seorang beriman juga haruslah mencintai  kalimat ini, dengan selalu mengucapkannya pada setiap waktu, tempat dan keadaan.

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ.

Dari SamurAh bin Jundub, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: (1) Subhanallah, (2) Alhamdulillah, (3) Laa ilaaha illallah, dan (4) Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai. (H.R Imam Muslim).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.515)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar