Minggu, 05 April 2015

TIGA MACAM NIKMAT



TIGA MACAM NIKMAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh tidak ada kenikmatan yang kita dapatkan kecuali dari Allah saja. Bukan dari selain-Nya. Allah berfirman : “Wamaa bikum min ni’matin fa minallahi” Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah. (Q.S an Nahl 53) 

Nikmat nikmat itu tidak terhitung jenis dan jumlahnya. Allah berfirman  : “Wain ta’uddu ni’matallahi laa tuhsuuhaa, innal insaana lazhaluumun kaffar” Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya, sungguh manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).   Q.S Ibrahim 34.

Ketahuilah saudaraku bahwa nikmat Allah kepada kita tidak ada yang bisa disebut dengan nikmat yang kecil. Semuanya nikmat yang besar bahkan ada yang lebih besar dan sangat besar seperti nikmat Iman dan Islam.

Bahwa nikmat Allah Ta’ala kepada kita ada tiga bentuk  yaitu nikmat yang telah ada pada diri kita dan kita menyadarinya. Ada nikmat yang kita harapkan agar Allah memberikannya  dan  nikmat yang sudah ada pada kita tapi kita tidak menyadarinya.
Imam Ibnul Qayyim dalam Kitab Fawaidul Fawaid menceritakan tentang seorang Arab Badui berkunjung kepada Khalifah Harun al Rasyid, lalu dia mendoakan kebaikan bagi Khalifah. 

Pertama : Semoga Allah meneguhkan  nikmat nikmatnya yang telah ada pada anda dengan senanantiasa mensyukurinya.

Kedua : Semoga Allah mengabulkan tambahan nikmat yang anda harapkan dengan  berprasangka baik kepadanya

Ketiga : Semoga Allah juga meridhai nikmatnya yang ada pada anda namun anda tidak menyadarinya,  agar anda bersyukur.

Arab Badui ini membuat Khalifah kagum dengan doanya, dan berkata : Alangkah indahnya pembagian ini.

Wallahu A’lam.  (259)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar