Minggu, 26 April 2015

ADAB DI MAJLIS ILMU



ADAB DI MAJLIS ILMU

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dari sekian banyaknya sarana atau fasilitas yang tersedia untuk belajar ilmu, namun yang paling utama adalah duduk di majlis ilmu. Duduk dihadapan guru. Jika bisa hadir di majlis ilmu perlu kiranya diketahui bahwa majlis ilmu adalah majlis yang mulia dan tentu memiliki adab-adab yang mulia pula. Diantara adab bagi yang hadir atau berada di majlis ilmu adalah :

Pertama :  Sangat dianjurkan untuk datang lebih awal atau minimal tidak terlambat. Ini menunjukkan salah satu kesungguh sungguhan dalam belajar.

Kedua :Berusaha mencari tempat duduk dibarisan depan sehingga posisinya bisa lebih dekat dengan guru. Ini akan membuat interaksi dengan guru menjadi lebih baik, juga lebih fokus dan bisa lebih kosentrasi.

Ketiga : Mencatat pelajaran, paling tidak bagian-bagian pentingnya. Qaiyidul ‘ilma bilkitabi. Ikatlah  ilmu dangan tulisan (H.R. Ibnu ‘Abdil Barr). Jika ada kesempatan ada juga baiknya  direkam. Sungguh   catatan  dan rekaman adalah pengikat ilmu yang paling kuat  dan bisa diulangi lagi untuk dipelajari jika dibutuhkan pada kesempatan yang lain.

Keempat : Mendengarkan dengan sungguh-sungguh agar jangan ketinggalan dan salah pengertian terhadap apa yang dijelaskan. Memberi perhatian dan mendengarkan pelajaran dengan sungguh sungguh adalah bagian dari perhatian kita terhadap ilmu yang sedang dipelajari dan penghargaan terhadap  guru atau ustadz yang mengajar.

Kelima : Berusaha tidak meninggalkan majlis sebelum ditutup. Janganlah meninggalkan majlis sebelum ditutup kecuali ada udzur. Ini sebenarnya adalah bagian dari adab terhadap guru dan majlis ilmu.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Allahu A’lam. (285)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar