Selasa, 07 April 2015

MAKNA ILMU SYAR'I



MAKNA ILMU SYAR’I

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sangat sering kita mendengar ucapan ilmu syar’i. Secara umum kita memahami bahwa ilmu syar’i adalah ilmu tentang agama kita. Ilmu tentang Islam ini. Lalu bagaimana penjelasan ulama tentang makna atau apa yang dimaksud dengan ilmu syar’i tersebut dan bagaimana hakikatnya.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz (wafat 1999 M), bekas rektor Universitas Islam Madinah, dalam Kitab beliau al ‘Ilm wa Akhlaqu Ahliha, menjelaskan bahwa : Ilmu syar’i adalah ilmu yang terkandung dalam al Qur an dan as Sunnah, yakni :

Pertama : Ilmu tentang Allah dan Sifat sifatNya.

Kedua : Ilmu tentang hak Allah terhadap hamba hambaNya.

Ketiga : Ilmu tentang segala hal yang disyari’atkan Allah kepada hamba hambaNya. 

Keempat :Termasuk pula ilmu tentang jalan yang akan mengantarkan seorang hamba kepada ilmu itu (yang disebut diatas, pen.) beserta segala rinciannya.

Selanjutnya beliau mengatakan : Ilmu syar’i adalah ilmu yang paling utama diantara ilmu yang lain. Ilmu yang paling layak untuk dipelajari, paling terang dan jelas.  Dengannya hakikat Allah diketahui. Dengan pedoman ilmu ini pula Allah disembah, diketahui hal yang dimurkai dan diridhaiNya serta ilmu ini pula yang bisa menjelaskan halal dan haram. Dan dengan ilmu syar’i pula diketahui muara tempat kembali dan titik akhir dari kehidupan 

Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita semua untuk selalu mengutamakan belajar ilmu syar’i yaitu ilmu yang akan memberikan manfaat bagi keselamatan kita  di dunia dan di akhirat. 

Wallahu A’lam. (263).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar