Selasa, 14 April 2015

INGIN DAPAT 10, 20 ATAU 30



INGIN DAPAT 10, 20 ATAU 30 ?

Oleh : Azwir B. Chaniago

Menebarkan salam yaitu mengucapkan dan menjawab salam sesama muslim adalah sesuatu yang diperintahkan oleh Rasulullah. Sangatlah banyak hadits yang menjelaskan keutamaan menyebarkan salam. Diantaranya adalah sabda Rasulullah  : “Afsyus salaama taslamuu” Sebarkanlah salam, niscaya kalian akan selamat. (H.R Imam Ahmad dan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad).

Rasulullah juga bersabda : “Afsyus salaama kaita’luu” Sebarkanlah salam, agar kalian memperoleh kedudukan yang tinggi.(H.R Imam ath Thabrani).

Rasulullah juga mengingatkan bahwa : Mengucapkan salam adalahtermasuk hak seorang muslim terhadap muslim lainnya. Rasulullah bersabda : “Haqqal muslimi ‘alal muslimi sittun, idzaa laqiitahu fasalim ‘alaihi ….” Hak muslim atas muslim lainnya ada enam : Jika kamu berjumpa dengannya, maka ucapkanlah salam kepadanya. … (H.R   Imam Bukhari) 

Sungguh menebarkan salam adalah ibadah, karena diperintahkan oleh Rasulullah. Oleh karena itu maka ucapkanlah kalimat salam sebagaimana lafazh yang diajarkan beliau yaitu : “Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu” Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya bagimu. Ini adalah lafazh yang lengkap dan lafazh ini juga merupakan lafazh salam para Malaikat serta salam para penghuni surga.

Ketahuilah bahwa semakin sempurna lafazh salam yang diucapkan maka semakin tinggi pula nilainya disisi Allah. Kesempurnaan yang dimaksud adalah sesuai dengan apa yang telah diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam.  

 Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam an Nasa’i, Imam at Tirmidzi dan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, disebutkan bahwa : Seorang laki laki datang kepada Rasulullah dan mengucapkan salam : Assalamualaikum. Nabi menjawab salamnya dan bersabda : Sepuluh. Lalu datang laki laki yang lain dan memberi salam : Assalamualaikum wa rahmatullah. Nabi menjawab salamnya dan bersabda : Dua puluh.  Dan datanglah laki laki yang ketiga dan memberi salam : Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Nabi menjawab salamnya dan bersabda : Tiga puluh.
Maksud sepuluh, dua puluh dan tiga puluh itu adalah pahala kebaikannya bagi yang telah  mengucapkan salam tersebut sesuai lafazhnya. 

Jadi dalam hadits tersebut Rasulullah telah mengajarkan cara  yang lebih utama dalam memberi salam. Sekarang kita tinggal memilih ingin dapat  yang utama yaitu10, atau yang lebih utama yaitu 20, atau yang paling utama yaitu 30. Insya Allah kita akan berusaha memilih yang paling utama nilainya disisi  Allah.
Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wallahu A’lam.  (270)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar