Minggu, 26 April 2015

SIAPA YANG DICINTAI ALLAH



SIAPA ORANG YANG DICINTAI ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap muslim wajiblah berusaha  untuk mendapatkan kecintaan Allah Ta’ala. Kenapa harus demikian, karena keselamatan seseorang di dunia sampai ke akhirat hanya mungkin didapatkan seseorang jika Allah mencintainya. 

Lalu orang orang yang memilki sifat apa saja yang akan mendapatkan cinta Allah. Sungguh hal ini telah dijelaskan Allah dalam banyak firman-Nya, diantaranya  :

Pertama : Orang yang berbuat kebaikan.
Allah berfirman : “Innallaha yuhibbul muhsiniin”  Sesungguhnya Allah mencintai orang orang yang berbuat kebaikan. (Q.S al Baqarah 195 dan al Maidah 13).
Allah berfirman : “Walllahu yuhibbul muhsiniin”  Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. 

Kedua : Orang yang bertaubat dan menyucikan diri.
Allah berfirman : “Innallaha yuhibbut tawwaabiina wa yuhibbul mutathahhiriin” Sesungguhnya Allah mencintai orang yang taubat dan orang yang menyucikan diri. (Q.S al Baqarah 222).

Ketiga : Orang yang bersabar.
Allah berfirman : “Wallahu yuhibbush shaabiriin” Dan Allah mencintai orang orang yang bersabar (Q.S 146)

Keempat : Orang yang bertakwa.
Allah berfirman : “Fa innallaha yuhibbul muttaqiin” Maka sesungguhnya Allah mencintai orang orang yang bertakwa. (Q.S Ali Imran 76)
Allah berfirman : “Innallaha yuhibbul muttaqii” Sesungguhnya Allah mencintai orang orang yang bertakwa (Q.S at Taubah 4 dan 7).

Kelima : Orang bertawakkal.
Allah berfirman : “Innallaha yuhibbul mutawakkiliin” Sesungguhnya Allah mencintai orang orang yang bertawakkal (Q.S Ali Imran 159).

Keenam : Orang yang berlaku adil.
Allah berfirman :”Innallaha yuhibbul muqsithiin” Sesungguhny Allah mencintai orang orang yang berlaku adil. (Q.S  al Maidah 42, al Hujuurat 9 dan al Mumtahanah 8). 

Ketujuh : Orang yang berjuang di jalan Allah.
Allah berfirman : “Innallaha yuhibbul ladziina yuqaatiluuna fii sabilillahi shaffan ka-annahum bun-yanun marshush” Sesungguhnya Allah mencintai mereka yang berjuang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seolaolah seperti sebuah bangunan yang tersusun kokoh. (Q.S ash Shaff 4).  

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wallahu A’lam.  (284)








3 komentar:

  1. Terima kasih. Ada lagi ke, Allah yuhibbu... Ada link yang Allah La Yuhibbu (yang tak suka)

    BalasHapus
  2. bertobat
    maaf yha kalau salah
    cuma membantu

    BalasHapus