Minggu, 05 April 2015

DOA MINTA KESELAMATAN LEBIH UTAMA



DOA MINTA KESELAMATAN LEBIH UTAMA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh manusia ini fakir, tidak memiliki apa apa. Semua adalah milik Allah. Hanya Allah tempat manusia berharap segala yang mereka butuhkan. Sungguh Allah Mahapengasih dan Mahapenyayang. Dia menyuruh kita meminta apa apa yang kita butuhkan dan Allah berjanji akan memenuhinya. Allah berjanji akan mengabulkan doa hamba hambaNya. Allah berfirman : “Wa qaala rabbukum ud’unii astajiblakum.” Dan Rabbmu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. (Q.S al Mu’min 60). 

Sungguh sangatlah banyak kebutuhan dan keinginan yang kita minta kepada Allah Ta’ala melalui doa doa kita. Tapi ketahuilah sebenarnya doa yang paling utama yang seharusnya kita mohon kepada Allah Ta’ala adalah doa minta keselamatan di dunia dan di akhirat. Bahkan doa minta keselamatan adalah puncak dari segala doa doa kita. 
Dari Anas, bahwa seseorang datang kepada Nabi lalu berkata : Ya Rasulullah, doa apa yang paling utama. Beliau menjawab : Mintalah keselamatan dan kebaikan di dunia dan di akhirat kepada Rabbmu. Lalu orang itu datang lagi pada hari kedua dan berkata : Ya Rasulullah, doa apa yang paling utama. Maka Rasulullah memberi jawaban yang sama dengan yang sebelumnya. Lalu orang itu datang kembali pada hari ketiga dengan pertanyaan yang sama. Kemudian beliau menjawab seperti sebelumnya. Beliau bersabda : Apabila diberi keselamatan di dunia dan di akhirat, sungguh beruntunglah kamu. (H.R Imam at Tirmidzi). 
Perhatikanlah saudaraku, bagaimana Rasulullah, dalam hadits ini, menyuruh seorang sahabat untuk berdoa dengan  permohonan  yang paling utama yaitu minta keselamatan dan kebaikan di dunia dan di akhirat. Demikian utamanya doa ini, sampai sampai Rasulullah memberi jawaban kepada sahabat yang bertanya dengan mengulanginya tiga kali.  
Ibnu Umar meriwayatkan Rasulullah bersabda : “Maa su-ilallahu syai-an ahabbu ilaihi min an-yus-alal ‘aaqiyah” Tak ada yang membuat Allah senang untuk dimintai, melebihi saat Dia dimintai keselamatan. (H.R Imam at Tirmidzi).
Diantara doa yang sangat sering dibaca oleh Rasulullah,  untuk memohon keselamatan dan kebaikan adalah sebagaimana kalimat doa yang disebut dalam surat al Baqarah ayat 201 yakni : Rabbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar”. Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka.
Jadi teruslah bermohon kepada Allah agar diberikan keselamatan dan kebaikan di dunia dan di akhirat karena inilah puncak keberuntungan hidup bagi seorang hamba.
Wallahu A’lam.  (260)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar