Sabtu, 11 April 2015

BERPUASA SEPANJANG TAHUN



BERPUASA SEPANJANG TAHUN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Berpuasa terus menerus setiap hari sepanjang tahun  adalah sesuatu yang sangat sangat sulit dilakukan oleh seorang hamba. Bahkan puasa sepanjang tahun dilarang dalam syariat Islam. Kalau ini dilakukan maka dikhawatirkan seseorang akan lalai terhadap hak dirinya, hak keluarga dan hak yang lainnya. Allahu A’lam.

Namun demikian Allah Ta’ala dengan kasih sayangNya telah memberikan kesempatan dan kemudahan kepada kaum muslimin melalui Rasul-Nya yaitu  cara  untuk mendapatkan nilai atau pahala puasa sepanjang tahun meskipun hanya melakukan puasa beberapa hari saja. 

Pertama : Puasa Ramadhan dan ditambah dengan puasa 6 hari bulan syawal.
Puasa wajib bulan Ramadhan sebanyak 29 atau 30 hari lalu kemudian ditambah dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka akan bernilai (pahala) sebagai puasa sepanjang tahun. 

Rasulullah bersabda : “An abi ayyubil anshaarii anna rasuulallahi salallahu ‘alaihi wasallam qaala : Man Shaama ramadhaana tsumma atba’ahu sittan min syawwali kaana kashiyaamid dahri” Dari Abu Ayyub al Anshari bahwa Rasulullah bersabda : Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilajutkan dengan enam hari pada bulan Syawal  maka sama (pahalanya) dengan puasa setahun penuh. (H.R Imam Muslim, at Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah)  

Kedua : Puasa 3 hari pada pertengahan bulan.
Untuk mendapatkan nilai puasa sepanjang tahun maka lakukanlah  puasa tathawwu’ atau puasa sunat tiga hari pada setiap bulan yaitu tanggal 13, 14 dan 15 bulan Qamariyah/Hijriyah. Puasa tiga hari setiap bulan ini sama nilainya dengan puasa sepanjang tahun. 

“An ‘abdillahi ibna ‘amrin, Qaala : Qaalali rasuulullahi salallahu ‘alaihi wasallam : Shaum min kulli syahrin tsalatsata aiyaamin fa innal hasanata bi’asyri amtsaalihaa, wa dzalika mitslu shiyaamid dahri.” Dari Abdullah bin Amr, ia berkata : Rasulullah pernah bersabda kepadaku : Berpuasalah setiap bulan tiga hari, karena sesungguhnya satu kebaikan dikalikan sepuluh, sehingga puasa itu sama dengan puasa setahun. (Muttafaq ‘alaihi).

Sungguh kesempatan meraih nilai pahala puasa sepanjang tahun ini diberikan Allah karena kasih sayang-Nya kepada orang orang yang beriman. Jadi sangatlah baik untuk dilazimkan agar mendapat pahala yang besar.

Mungkin saja ada diantara kita yang berat melakukan puasa yang sangat dianjurkan ini tersebab berbagai keadaan. Namun tetaplah berusaha melakukan semampunya. Orang bijak pernah berkata : Jika tidak bisa mendapatkan semua maka janganlah tinggalkan semua. Bersegeralah mengejar kebaikan. 

Wallahu A’lam. (267)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar