Sabtu, 04 April 2015

TENTANG SABAR DAN RIDHA



TENTANG SABAR DAN RIDHA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sabar dan ridha adalah dua sifat yang sangat mulia dan agung dan  seharusnya selalu dipelihara dan dilazimkan oleh seorang hamba dalam menjalani kehidupan ini. Terlebih lagi pada saat seseorang mendapat ujian, cobaan ataupun kesulitan.

Syaikh Utsaimin memberikan penjelasan tentang  sabar dan ridha. Kata beliau ridha lebih tinggi derajatnya dari sabar.   Ridha lebih tinggi dari sabar dan ada perbedaannya, yaitu : 

Pertama : Orang yang sabar.
Jika mendapat musibah, terkadang merasakan sakit,  hatinya merasa sedih atau terluka, tapi dia mampu bersabar dan  menjaga dirinya dari perbuatan haram.

Kedua : Orang yang ridha.
Jika mendapat musibah, hatinya ridha. Yaitu ia merasa ridha terhadap apa yang telah dipilihkan Allah untuknya. Ia selalu berjalan dengan qadha dan qadar Allah dan tidak memperdulikan apakah yang dirasakannya itu baik maupun buruk baginya. 
(Dari Kitab Syarah Arba’in Nawawiyah, Syaikh Utsaimin) 
 
Semoga Allah selalu memberi kekuatan kepada kita untuk selalu bersabar dan ridha terhadap apapun yang Allah Ta’ala takdirkan bagi kita. Sunguh Allah telah berfirman : “Qul lan yushiibanaa illa maa kataballahu lana, huwa maulaanaa wa ‘alallahi falyatawakkalil mu’minuun”. Katakanlah, Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami dan hanya kepada Allah bertawakkal orang orang yang beriman. (Q.S at Taubah 51). 

Wallahu A’lam.  (257)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar