Minggu, 19 April 2015

JIKA TERHALANG MELAKUKAN KEBAIKAN



JIKA TERHALANG MELAKUKAN KEBAIKAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah telah sangat banyak  berbuat baik kepada hamba hamba-Nya dan Allah memerintahkan  hambaNya untuk berbuat baik pula. Allah berfirman : “Wa ahsin kamaa ahsanallahu ilaika” Berbuat  baiklah (kepada manusia) sebagai mana Allah telah berbuat baik kepadamu. (Q.S al Qashash 77).

Sebagai hamba pastilah kita sangat berkeinginan untuk melakukan berbagai kebaikan terutama  untuk diri sendiri, keluarga dan juga saudara saudara kita. Namun demikian bisa jadi pada satu saat mungkin kita tidak mampu melakukannya lalu bagaimana. 

Ketahuilah saudaraku, jika anda belum mampu berbuat baik maka jagalah diri anda agar tidak melakukan keburukan. Jika belum mampu memberikan kebaikan atau pertolongan kepada orang lain maka paling tidak janganlah menyusahkan atau menzhaliminya.  

Imam al Junaidi bin Muhammad az Zujaj (wafat tahun 297 H.) dalam Kitab Nasehat Ulama Salaf, memberikan petunjuk tentang hal ini.

Pertama : Apabila engkau tidak dapat melewati hari harimu dengan hal yang bermanfaat bagimu maka jangan engkau mengisinya dengan yang mendatangkan mudharat untukmu.

Kedua : Apabila engkau tidak mampu bersahabat dengan orang orang yang baik maka janganlah engkau bersahabat dengan orang yang tidak baik.

Ketiga : Apabila engkau tidak mampu menginfakkan hartamu di jalan yang diridhai Allah maka janganlah engkau menginfakkan hartamu di jalan yang dibenci Allah.  

Insya Allah bermanfaat. Wallahu A’lam.   (275)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar