Kamis, 06 November 2014

NASEHAT SYAIKH AL ALBANI



NASEHAT SYAIKH AL ALBANI BAGI PENUNTUT ILMU

Oleh : Azwir B. Chaniago

Seorang Muslim tidaklah mencukupkan diri hanya dengan menyatakan ke-islamannya. Tapi haruslah diikuti dengan upaya yang sungguh sungguh untuk belajar guna memahami Islam dan mengamalkannya. Sungguh belajar ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Ketahuilah, menuntut ilmu adalah suatu kemuliaan yang sangat besar dan menempati kedudukan tinggi yang tidak sebanding dengan amal sunnah apapun (Imam al Qurtubi).  

Rasulullah bersabda : “Thalabul ‘ilmi fariidhatun ‘ala kulli muslim” Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. (H.R Ibnu Majah dari Anas bin Malik).
Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani memberi nasehat kepada para penuntut ilmu. Dalam Kitab Hayat al Albani dinukil nasehat beliau sebagai berikut : 

Pertama : Hendaklah kamu menuntut ilmu semata mata ikhlas karena Allah. Untuk mencapai derajad yang Allah telah khususkan bagi  orang berilmu. Tidak menginginkan dibalik itu, balasan atau terima kasih.
Allah berfirman : … Yarfa’illahul ladzina aamanuu minkum walladzina utulilma darajaatin. Wallahu bimaa ta’maluuna khabiir” Niscaya Allah akan mengangkat orang orang  yang beriman dan orang yang diberi ilmu    beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti (atas) apa yang kamu kerjakan. (Q.S al Mujaadilah 11)  
  
Kedua : Menjauhi perkara yang menggelincirkan kamu dari perasaan ujub dan berfatwa tanpa melihat pendapat para ulama terdahulu.

Ketiga : Menasehati manusia dengan cara terbaik. Menghindari  cara yang kaku dan keras dalam berdakwah. Allah berfirman : “Ud’u ilaa sabiili rabbika  bil hikmati wal mau’izhatal hasanati “ Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik. (Q.S an Nahal 125).

Insya Allah ada manfaatnya. (114)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar