Jumat, 21 November 2014

ANDAIKAN BUMI BISA BICARA




ANDAIKAN BUMI BISA BICARA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Manusia ditakdirkan Allah hidup sementara di bumi sebelum nanti pindah kenegeri akhirat yang abadi melalui pintu kematian. Mungkin bumi  sangat kesal melihat berbagai keburukan dan maksiat yang dilakukan sebagian manusia yang hidup di punggungnya. Pada hal dengan karunia Allah, bumi telah memberikan berbagai manfaat  bagi manusia.  Mungkin juga bumi ingin   menyuruh kita untuk bermaksiat di   tempat yang lain saja. Jangan di atas punggungnya. Tapi sayang bumi adalah makhluk yang ditakdirkan Allah  tidak bisa bicara.

Kalau bumi bisa bicara, ini hanya berandai andai, maka paling tidak ada empat kalimat nasehat dan peringatan  yang akan disampaikannya kepada manusia yang suka melakukan maksiat diatas punggungnya.

Pertama : Wahai manusia, silahkan kalian berjalan  di atas punggungku saat ini dengan sombong dan congkak, tapi ingat nanti kalian pasti akan masuk ke perutku.

Kedua : Wahai manusia, silahkan kalian makan apapun yang kalian inginkan di atas punggungku saat ini, tapi ingat  nanti kalian akan dimakan  cacing di dalam perutku.

Ketiga : Wahai manusia, silahkan kalian tertawa sesuka kalian di atas punggungku saat ini, tapi ingat nanti kalian akan menangis di dalam perutku.

Keempat : Wahai manusia, silahkan kalian melakukan maksiat sepuas puasnya di atas punggungku, tapi ingat nanti kalian akan di adzab di dalam perutku.

Meskipun  ini sekedar berandai andai, insya Allah kiranya ada pelajaran yang bisa kita ambil darinya.  Bertakwalah kepada Allah wahai orang orang yang memiliki pemikiran.
Wallahu a’lam.(136)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar