Rabu, 12 November 2014

KEUTAMAAN WUDHU'



KEUTAMAAN WUDHU’

Oleh : Azwir B. Chaniago

Berwudhu’ adalah wajib bagi seorang muslim yang akan melaksanakan shalat baik shalat fardhu maupun shalat sunat. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri dari hadats kecil karena seseorang yang akan shalat haruslah dalam keadaan suci.

Selain itu, ternyata bahwa wudhu’ yang dilakukan seorang muslim dan membaca doa sesudahnya   memiliki  manfaat yang besar baginya.  Diantaranya adalah :

Pertama : Dibukakan delapan pintu surga dengan doa wudhu’
Dari Umar bin Khaththab ia berkata, Rasulullah bersabda : “Tidak seorang pun diantara kamu yang berwudhu’ lalu menyempurnakan wudhu’nya, kemudiaan membaca “Asyhadu alla ilaaha ilallah wahdahu laa syariikalahu wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu” Aku bersaksi bahwa tidak Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Mahaesa dan tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga dan ia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia kehendaki (H.R Imam Muslim no 234 dan juga diriwayatkan oleh banyak ahli hadits selainnya).

Dalam riwayat Imam at Tirmidzi terdapat tambahan yang shahih yaitu : Allahummaj’alnii minat tawwabiina waj’alnii minal mutathah- hiriin. Ya  Allah, jadikanlah aku termasuk orang orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang orang yang mensucikan diri. 

Kedua : Menghapus kesalahan.
Wudhu’ dapat menghapus berbagai kesalahan. Ya memang benar, karena Rasulullah yang mengabarkan melalui sabda beliau dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 244,  yaitu : “Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu’ :
Lalu ia membasuh wajahnya, niscaya keluarlah dari wajahnya setiap kesalahan dari pandangannya dengan kedua belah matanya bersama air atau bersama tetes terakhir dari air tersebut.

Apabila ia membasuh kedua tangannya, niscaya keluarlah semua kesalahan yang telah dilakukan oleh kedua tangannya bersama air atau bersama tetes air terakhir.
Apabila ia membasuh kedua kakinya, niscaya akan keluarlah setiap kesalahan yang dijalani oleh kedua kakinya bersama air atau bersama tetes air yang terakhir.
Sehingga ia keluar dalam kondisi bersih dari segala dosa”.

Al Hafizh Ibnu Hajar berkata : Tentang wudhu’ yang mendatangkan ampunan, zahirnya mencakup dosa besar dan kecil, akan tetapi para ulama mengkhususkannya dengan dosa dosa kecil, karena pada riwayat yang lain tercantum pengecualian terhadap dosa dosa besar. (Fathul Baari)

Semoga Allah  memberi petunjuk kepada kita semua untuk selalu melakukan wudhu’ dengan  sempurna dan senantiasa membaca doa sesudahnya.   (123).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar