Jumat, 28 November 2014

JANGAN MUDAH MEMVONIS



JANGAN MUDAH MEMVONIS

Oleh : Azwir B. Chaniago

Tidaklah merupakan suatu kebaikan jika seseorang cepat cepat memberikan penilaian terhadap orang lain. Ini orang baik, ini orang tidak baik dan yang lainnya. Bisa saja seseorang yang kelihatannya baik, bicaranya terdengar baik tapi belum tentu dia benar benar baik. Apa yang ada dihati seseorang tentu tidak ada yang bisa menduganya. Memang agak sering kita terpedaya dengan tampilan, ucapan dan keperibadian seseorang yang tampak sepintas. Kita terkadang melihat satu shoot photonya belum melihat videonya. Pada hal itu  belum tentu itu adalah aslinya atau keadaan yang sesungguhnya. 

Imam Ibnul Jauzi menulis dalam Kitab Tarikh Umar bin Kahthab bahwa pada suatu kali ada seseorang yang berkata kepada Umar. Sesungguhnya si Fulan itu adalah orang yang jujur. Tapi Umar tidak langsung percaya. Lalu Umar bertanya kepada orang itu tentang tiga hal :  

Pertama : Apakah kamu pernah bersafar bersamanya. Orang itu  menjawab : Tidak.
Kedua : Apakah kamu pernah memiliki hubungan dalam urusan uang dengannya. Orang itu  menjawab : Tidak.
Ketiga : Apakah kamu pernah memberikan suatu amanah kepadanya. Orang itu menjawab : Tidak. 

Selanjutnya Umar bin Khaththab berkata : Berarti kamu tidak mengetahui dan tidak mengerti tentang si Fulan  yang tadi kamu katakan bahwa dia adalah orang jujur. 
Tidaklah mungkin untuk mengetahui apakah seseorang itu    baik atau buruk, jujur atau tidak, amanah atau tidak dengan mengenal sepintas. Sungguh tidak ada teori yang bisa menetapkan keadaan seseorang itu seperti yang kita bayangkan. 

Kita bisa belajar dari Umar bin Khaththab bahwa seseorang akan dapat diketahui apakah dia orang baik atau bukan, melalui tiga hal. (1). Kalau kita  pernah sama sama dengannya dalam suatu safar atau perjalanan. (2) Kalau kita   pernah berhubungan  dengannya dalam urusan uang dan  (3) Kalau kita pernah memberinya  amanah.
Ketahuilah bahwa biasanya, seseorang itu akan sulit menyembunyikan keburukannya pada tiga keadaan tersebut. Dalam tiga keadaan ini seseorang akan terlihat apa adanya, watak aslinya apakah dia orang baik atau sebaliknya. 
Wallahu a’lam. (141)  




1 komentar:

  1. assalamualaikum............ijin sy meng upload tulisan anda ke twiter sy, krn tulisan anda sangat dalam sekali makna dan sy berharap ini bisa bermanfaat untuk sy dan orang lain...tks

    BalasHapus