Sabtu, 01 November 2014

BERDEBAT DENGAN ORANG JAHIL



BERDEBAT DENGAN ORANG JAHIL

Oleh : Azwir B. Chaniago

Didalam Islam, berdebat sesama orang berilmu adalah suatu yang tidak dianjurkan, kecuali jika nampak nyata manfaatnya  terutama dalam mencari kebenaran. Itupun harus dilakukan dengan seperangkat adab adabnya. Jadi tidak asal berdebat.
Lalu bagaimana jika berdebat dengan orang jahil atau orang bodoh. Para ulama menasehatkan, jika engkau berilmu, jangan berdebat dengan orang bodoh karena tidak akan berfaedah.  Engkau bisa kalah berdebat dengan orang bodoh karena kebodohannya. 

Imam Abu Ali as Sukuni berkata : Tidaklah boleh membantah orang melainkan dia orang yang berilmu. Membantah (berdebat) orang yang tidak berilmu akan merugikan karena menang atau kalah tidak ada faedahnya.

Imam Hasan al Bashri berkata kepada orang yang mengajaknya berdebat dalam masalah agama. (Ketika beliau tahu bahwa orang yang mengajak berdebat itu tidak berilmu), maka beliau berkata : Adapun aku sudah paham akan agamaku, jika kamu ingin tersesat dalam agamamu, silahkan kamu berdebat.

Kalau tidak ada kebaikan berdebat dengan orang bodoh, lalu bagaimana bersikap dengan mereka.  Ketahuilah bahwa orang orang bodoh cukup dinasehati saja kalau dia mau dinasehati dan dengan catatan jika nasehat itu akan memberi manfaat baginya.
Ketahuilah bahwa di zaman ini ada beberapa  orang bodoh, tidak berilmu, yang tidak tahu bahwa dia tidak tahu. Na’udzubillahi min dzalik.

Allahu a’lam. (107)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar