Senin, 03 November 2014

ANAS BIN MALIK DIDOAKAN



ANAS BIN MALIK DIDOAKAN NABI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Rasulullah Salallahu alaihi wa Sallam beliau banyak sekali mendoakan kebaikan bagi para sahabat baik karena minta didoakan ataupun belum meminta didoakan. Sungguh doa Nabi adalah sangat mustajab.

Diantara yang di doakan Nabi adalah Anas bin Malik. Kisahnya banyak disebut oleh para ulama. Diantaranya adalah sebagaimana yang ditulis oleh Syaikh Utsaimin dalam Tanbiihul Afhaam.  
Bahwa pada usia 10 tahun, Anas dibawa oleh Ummu Sulaim menghadap Nabi di Madinah. Ummu Sulaim berkata : Wahai Rasulullah ini Anas yang akan menjadi pelayan engkau. Maka doakanlah dia.

Lalu Rasulullah mendoakan kebaikan bagi Anas : “Allahumma aktsir maalahu wa waladahu wadkhilhul jannah”  Ya Allah perbanyaklah hartanya, dan anaknya serta masukkanlah ia kedalam surga.

Tentang doa Nabi ini, Anas mengatakan : Aku telah mendapatkan keduanya (harta dan anak yang banyak). Dan (aku) berharap mendapatkan yang ketiga yaitu masuk surga. Sungguh telah dikubur dari keturunanku selain cucu cucuku seratus dua puluh lima orang. Dan kebunku berbuah dua kali dalam setahun.

Anas bin Malik menjadi pelayan Nabi di Madinah selama 10 tahun sampai Nabi wafat. Dengan begitu lamanya mendampingi Rasulullah maka beliau banyak meriwayatkan hadits.  Ada 2266 hadits yang diriwayatkan beliau. Ini adalah nomor tiga setelah Abu Hurairah yang meriwayatkan 5374 hadits dan Ibnu Umar meriwayatkan 2630 hadits.

Setelah Nabi wafat di Madinah, Anas bin Malik  pindah ke Bashrah. Beliau termasuk sahabat yang paling terakhir meninggal. Beliau wafat di kota Bashrah pada tahun 90 H dalam usia lebih kurang 100 tahun. 
       
Wallahu a’lam.  (112)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar