Senin, 17 November 2014

JANGAN BOSAN BERDOA



JANGAN PERNAH BOSAN BERDOA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Seorang hamba hendaklah terus menerus berdoa kepada Allah untuk memohon keselamatan, kebaikan dan  dijauhkan dari keburukan. Ini haruslah dilakukan dengan sabar dan jangan pernah merasa jenuh atau merasa bosan sedikitpun. Allah memerintahkan kita  untuk berdoa. Allah berfirman : “Wa qaala rabbukum. Ud’uunii astajib lakum” Dan Rabbmu berfirman, berdoalah kepadaKu, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. (Q.S al Mu’min 60).

Seseorang yang berdoa janganlah tergesa gesa minta pengabulannya karena Allah Mahamengetahui apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Allah pasti akan memberikan yang terbaik bagi seorang hamba. Allah Mahamengetahui kapan saat yang tepat untuk pengabulan doa dan  dalam bentuk apa doa  seseorang akan dikabulkan.  
  
Imam Ibnul Qayyim menyebutkan : Salah satu kesalahan yang dapat menghalangi terkabulnya doa adalah ketergesa gesaan seorang hamba. Ia menganggap doanya lambat dikabulkan, lantas dia merasa jenuh dan letih.  Ibarat seorang petani yang menanam tanaman, kemudian ia menjaga dan menyiraminya. Namun karena terlalu lama menunggu hasilnya, orang itu pun membiarkan dan mengabaikan tanaman tersebut. (Kitab Ad Daa’ wa ad Dawaa’)

Rasulullah bersabda : “Yustajaabu li-ahadikum maa lam ya’jal, yaquulu : da’autu falam yustajab lii.” Doa masing masing kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa gesa, yaitu dengan berkata : Saya sudah berdoa, tetapi belum juga dikabulkan. (H.R Imam Bukhari dari Abu Hurairah). 

Ketahuilah saudaraku bahwa doa itu adalah ibadah. Rasulullah bersabda : “Ad du’a huwal ‘ibadah” Do’a adalah ibadah.(H.R at Tirmidzi). Setiap ibadah yang dilakukan dengan ikhlas tentulah akan mendatangkan kebaikan atau pahala bagi yang mengamalkannya. Oleh sebab itu andaikata seseorang merasa doanya belum dikabulkan maka pahala dari berdoa saja sudah sangat bermanfaat bagi yang berdoa. Jadi janganlah pernah merasa bosan berdoa. Wallahu a’lam (130)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar