Rabu, 25 Desember 2019

PERTOLONGAN ALLAH PASTI DATANG JIKA AGAMA-NYA DITOLONG


PERTOLONGAN ALLAH PASTI DATANG JIKA 
AGAMA-NYA DITOLONG

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam menjalani kehidupan di zaman ini kita sering mendapat ujian atau cobaan yang berat yaitu UJIAN TERHADAP AQIDAH SERTA IMAN. Ujian berat ini datang dari musuh musuh Islam terutama orang orang kafir karena hakikatnya orang orang kafir adalah musuh.  

Sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan sebagaimana   firman-Nya : 

إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِينًا

Sesungguhnya orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Q.S an Nisa’ 101).

Ketahuilah bahwa orang orang kafir tidak akan pernah ridha kepada orang orang beriman sebelum mengikuti millah mereka. Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya : 

وَلَنْ تَرْضَىٰ عَنْكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ

Dan orang orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu sebelum engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah : Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenar benarnya). Q.S al Baqarah 120. 

Syaikh as Sa’di berkata : Allah Ta’ala mengabarkan kepada Rasul-Nya bahwasanya orang orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepada engkau hingga engkau mengikuti agama mereka, karena mereka adalah penyeru penyeru kepada agama yang mereka anut yang mereka anggap sebagai petunjuk. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).  

Ketahuilah bahwa berbagai cara, siasat dan tipu daya  mereka lakukan untuk memadamkan Islam. Mereka orang kafir di BANYAK NEGERI bukan hanya melakukan tipu daya tapi membunuh, menyiksa bahkan ingin menghabisi orang orang beriman.

Mereka juga menghalangi umat di berbagai negeri untuk menjalankan agamanya. Untuk itu semua, mereka   tak ragu untuk mengeluarkan harta guna menghalangi orang Islam dari jalan Allah. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ فَسَيُنْفِقُونَهَا ثُمَّ تَكُونُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُونَ ۗ وَالَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ جَهَنَّمَ يُحْشَرُونَ

Sesungguhnya orang orang yang kafir itu MEMBELANJAKAN HARTA MEREKA untuk menghalang halangi (manusia) dari jalan Allah. Mereka akan terus membelanjakan harta itu, kemudian mereka menyesal sendiri dan akhirnya mereka akan dikalahkan. Ke dalam neraka Jahanamlah orang orang kafir itu akan dikumpulkan.  (Q.S al Anfal 36).

Sungguh, untuk  menghadang musuh musuh Islam kita senantiasa  memohon pertolongan kepada Allah Ta’ala. Selain itu HARUSLAH DENGAN CARA MENJADI PENOLONG (AGAMA) ALLAH.. Allah Ta’ala berfirman :

وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama) Nya. Sungguh Allah Mahakuat, Mahaperkasa. (Q.S al Hajj 40).

Allah Ta’ala berfirman : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Wahai orang orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah niscaya Dia akan menolongmu dan mengokohkan kedudukanmu (Q.S Muhammad 7).   

Ini adalah perintah dari Allah Ta’ala kepada orang orang beriman agar mereka menolong atau membela agama Allah Ta’ala dengan MENEGAKKAN Agama-Nya, menyeru manusia kepada-Nya serta berjihad melawan musuh musuh-Nya yang dilakukan dengan tujuan mencari ridha Allah Ta’ala.

Jika orang orang beriman melakukan hal itu maka Allah Ta’ala akan MEMBERIKAN PERTOLONGAN PADA MEREKA  DAN MENEGUHKAN (BERDIRINYA) KAKI MEREKA. Artinya hati mereka diberi KESABARAN, KETENANGAN SERTA KETEGUHAN serta membuat jasad mereka bersabar menghadapi itu dan memebrikan pertolongan untuk mengalahkan musuh musuh mereka.

Ini merupakan janji dari Allah Ta’ala Yang Mahamulia dan Mahabenar janjinya. Siapapun yang menolong (agama)-Nya dengan PERKATAAN DAN PERBUATAN maka akan diberi oleh Allah Ta’ala serta diberi kemudahan untuk mendapatkan faktor faktor kemenangan seperti keteguhan hati dan yang lainnya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Oleh sebab itu maka setiap  hamba haruslah berusaha menolong agama Allah sesuai dengan kemampuannya. Sungguh ini adalah salah satu kunci untuk mendapatkan petolongan Allah Ta’ala dalam menghadapi berbagai makar dari musuh musuh Islam.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.843)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar