Jumat, 27 Desember 2019

DOA SAAT HUJAN TURUN LEBIH MUDAH DIIJABAH



DOA SAAT HUJAN TURUN LEBIH MUDAH DIIJABAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala menyuruh orang orang beriman untuk selalu berdoa kepada-Nya. Allah Ta’ala berjanji akan mengabulkan sebagaimana firman-Nya :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan mask neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Ghafir 60).

Sungguh, orang orang beriman sangat membutuhkan karunia dan rahmat serta petolongan  Allah disetiap saat.  Oleh karena itu orang orang beriman setiap saat berdoa  memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala. Kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat.

Ketahuilah ada banyak kesempatan dan keadaan  untuk berdoa yang   akan dikabulkan atau mudah untuk diijabah. Diantaranya adalah KETIKA HUJAN SEDANG TURUN.
Ibnu Qudamah dalam al Mughni mengatakan : Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan. Dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Dua doa yang tidak akan ditolak: (1) Doa ketika adzan dan (2) DOA KETIKA TURUNNYA HUJAN. (H.R al Hakim dan al Baihaqi).

Ibnu Qudamah dalam al Mughni mengatakan : Dianjurkan untuk berdoa ketika turun hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan : (1) Bertemunya dua pasukan, (2) Menjelang shalat dilaksanakan, dan (3) SAAT HUJAN TURUN. (Dikeluarkan oleh Imam asy Syafii dalam al Umm dan al Baihaqi dalam al Ma’rifah).

Selain itu ketahuilah bahwa doa seorang hamba juga mudah diijabah ketika sedang berpuasa. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :  
 ﺛَﻼَﺛَﺔٌ ﻻَ ﺗُﺮَﺩُّ ﺩَﻋْﻮَﺗُﻬُﻢُ ﺍﻹِﻣَﺎﻡُ ﺍﻟْﻌَﺎﺩِﻝُ ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻢُ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻔْﻄِﺮَ ﻭَﺩَﻋْﻮَﺓُ ﺍﻟْﻤَﻈْﻠُﻮﻡِ

Ada tiga doa yang tidak tertolak: (1) Doa pemimpin yang adil, (2) DOA ORANG YANG BERPUASA SAMPAI DIA BERBUKA (3) Doa orang yang terzhalimi. (H.R at Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Imam an Nawawi bekata : Dianjurkan bagi orang yang berpuasa untuk berdoa sepanjang waktu puasanya  dengan doa doa yang sangat penting bagi urusan akhirat dan dunianya, bagi dirinya, bagi orang yang dicintai dan untuk kaum muslimin. (Syarh al Muhadzdzab)

Dari hadits hadits diatas dapat diambil faedah bahwa : (1)  Doa mudah diIjabah ketika turun hujan. (2) Doa mudah diijabah ketika sedang berpuasa. Nah, ketika seseorang sedang berpuasa lalu hujan turun maka betul betul  sangatlah dianjurkan untuk berdoa karena disini ada DUA PERKARA YANG MEMUDAHKAN DOANYA DIIJABAH.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.844)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar