Sabtu, 14 Desember 2019

ALLAH MENOLONG HAMBA-NYA YANG MENOLONG SAUDARANYA


ALLAH MENOLONG HAMBANYA YANG MENOLONG SAUDARANYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala telah menetapkan berbagai keadaan manusia di dunia ini. Ada yang lemah ada pula yang kuat, ada yang berilmu dan pula yang kurang ilmunya, ada yang berharta banyak dan ada pula yang memiliki harta sedikit bahkan ada pula yang berpangkat dan memiliki jabatan dan yang lainnya. 

Oleh karena keadaan yang demikian maka Allah Ta’ala memerintahkan hamba hamba-Nya untuk tolong menolong dalam kebaikan, sebagaimana firman-Nya :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

 …. Dan  tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa. Dan jangan tolong menolong dalam dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat berat siksa-Nya. (Q.S al Maaidah 2).

Rasulullah bersabda : “Manistatha’a minkum an yanfa’a akhaahu fal yanfa’hu”. Barangsiapa di antara kalian yang mampu memberikan manfaat bagi saudaranya, hendaklah dia melakukannya. (H.R Imam Muslim, dari Jabir bin Abdillah).

Ketahuilah bahwa  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan bahwa ketika SESEORANG MENOLONG HAMBA HAMBA ALLAH MAKA ALLAH TA’ALA AKAN MENOLONGNYA PULA. Beliau bersabda :

 وَعَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم : “مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَ اللَّهُ فِيْ عَوْنِ الْعَبْدِ مَاكَانَ الْعَبْدُ فِيْ عَوْنِ أَخِيْهِ.” أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : Barang siapa yang melepaskan SEORANG MUKMIN dari satu kesusahan dunia, niscaya Allah akan melepaskannya dari kesusahan kesusahan hari kiamat.

Barangsiapa yang memberi kemudahan bagi seseorang yang sedang dalam kesulitan, Allah pasti akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Dan barang siapa yang menutup (aib) seorang Muslim, Allah akan menutup (aib) nya di dunia dan akhirat. Dan Allah senantiasa MENOLONG hamba-Nya selama hamba-Nya itu mau menolong saudaranya. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu orang orang beriman haruslah senantiasa menolong saudara saudara yang membutuhkan dengan demikian pertolongan Allah akan datang pula kepadanya.
Sebagai penutup dinukil satu hadits bahwa  orang terbaik adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Rasulullah Salallahu’alaihi Wasallam bersabda :
 
خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia. (H.R ath Thabrani dan Daruquthni).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam.(1.828) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar