Senin, 09 Desember 2019

KEHIDUPAN YANG BAIK DIDAPAT DENGAN IMAN DAN AMAL SHALIH

KEHIDUPAN YANG BAIK DIDAPAT DENGAN
IMAN DAN AMAL SHALIH
 
Oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman sangat menginginkan kehidupan yang baik yaitu selamat di dunia dan selamat pula di akhirat kelak. Sungguh Allah Ta’ala telah mengajarkan cara untuk mendapat kebaikan hidup yaitu dengan amal shalih dan hati yang beriman. Allah Ta’ala berfirman :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun wanita yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya kehidupan yang baik di dunia di dunia dan memberikan balasan di akhirat kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Tentang ayat an Nahal 97 ini, Syaikh as Sa’di berkata : (Firman Allah Ta’ala : “Maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik”. Maksudnya : Dengan memberikan KETENANGAN HATI DAN KETENTERAMAN JIWA serta tidak menoleh kepada objek yang mengganggu hatinya dan Allah Ta’la memberinya rizki yang halal dari arah yang tak disangka sangka. (Tafir Taisir Karimir Rahman).

Selain itu, Allah Ta’ala memberikan surga bagi orang orang yang beriman dan beramal shalih, sebagaimana firman-Nya :

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai. (Q.S al Baqarah 25).

Allah Ta’ala berfirman :

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَنُبَوِّئَنَّهُمْ مِنَ الْجَنَّةِ غُرَفًا تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ نِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ

Orang orang beriman dan mengerjakan amal shalih sungguh mereka akan Kami tempatkan pada tempat tempat yang tinggi (di dalam surga) yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik baik balasan bagi orang yang berbuat kebaikan. (Q.S al Ankabut 58)

Oleh karena itu orang orang beriman selalu berusaha menjaga imannya dan selalu bersemangat dalam melakukan amal shalih. Inilah jalan yang mendatangkan keselamatan bagi seorang hamba. Namun demikian ketahuilah bahwa :

Pertama : Iman itu turun naik, bisa bertambah dan bisa berkurang. 

Diantara penyebab bertambahnya iman adalah melakukan kebaikan dan berkurang jika berbuat maksiat. Haruslah dijaga jangan sampai ketika iman sedang berkurang atau menurun lalu Allah Ta’ala mewafatkan kita. Ini adalah penyesalan dan kerugian sangat sangat besar.

Kedua : Beramal shalih bisa didatangi rasa futur.

Menurut Ibn Manzur dalam kamusnya, pengertian futur secara bahasa adalah : (1) Putus setelah bersambung, atau tenang setelah bergerak. (2) Malas, lamban atau perlahan setelah rajin dan bersungguh-sungguh.

Secara istilah, futur ini adalah suatu penyakit yang dapat menimpa orang-orang beriman, pencari ilmu dan bisa juga menimpa  aktivis dakwah. Bahkan dapat menimpa siapa saja secara ucapan dan perbuatan.
Ketika rasa futur mendatangi seseorang maka sangat membahayakan dirinya karena bisa saja Allah Ta’ala mewafatkannya dalam keadaan futur yaitu lagi malas atau lamban beribadah. Sungguh Rasulullah telah mengingatkan dalam sabda beliau :

وَإِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالْخَوَاتِيمِ

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya. (H.R Imam Bukhari).
Oleh karena itu sungguh sungguhlah menjaga iman dan amal shalih dan juga sering seringlah berdoa. Diantara   doa yang sangat baik untuk dilazimkan yaitu  diajarkan Allah Ta’ala adalah :

 رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka. (Q.S a al Baqarah 201).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.823).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar