Rabu, 04 Desember 2019

MUNAFIK TERGOLONG MANUSIA YANG PALING BURUK TINGKAH LAKUNYA



MUNAFIK TERGOLONG MANUSIA PALING BURUK 
TINGKAH LAKUNYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ibnu Juraij berkata : Orang munafik ialah orang yang omongannya menyelisihi tindak-tanduknya, bathinnya menyelisihi lahiriahnya, tempat masuknya menyelisihi tempat keluarnya, dan kehadirannya menyelisihi ketidak-adaannya. (‘Umdah at-Tafsir).
Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah menyebutkan tentang keadaan orang munafik sebagaimana sabda beliau :

إِنَّ شَرَّ النَّاسِ ذُو الْوَجْهَيْنِ الَّذِي يَأْتِي هَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ وَهَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ

Manusia yang PALING BURUK adalah orang yang BERMUKA DUA, yang mendatangi suatu kaum dengan muka tertentu dan mendatangi lainnya dengan muka yang lain. (H.R Imam Bukhari, dari Abu Hurairah).

Sehari hari mereka menampakkan dirinya sebagai orang Islam tetapi hatinya berpenyakit sehingga pada hari yang lain mereka membenci Islam. Mereka selalu mencari jalan untuk merusak bahkan ingin menghancurkan Islam.

Tentang orang munafik yang bermuka dua ini dijelaskan Allah Ta’ala dalam firman-Nya : 

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا إِلَىٰ شَيَاطِينِهِمْ قَالُوا إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِئُونَ

Dan apabila mereka berjumpa dengan orang orang beriman, mereka berkata : Kami telah beriman. Tetapi apabila mereka kembali kepada syaithan syaithan (para pemimpin) mereka mereka berkata : Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok olok. (Q.S al Baqarah 14)

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam juga menjelaskan  sikap buruk  manusia munafik diantaranya sebagaimana  disebutkan dalam sabda beliau :

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Tanda tanda orang munafik  ada tiga (1) Apabila berbicara dia bohong. (2) Apabila berjanji ia mengingkari (3) Apabila diberi amanat ia berkhianat.  (H.R Imam Muslim).

Keinginan mereka adalah untuk merusak bahkan ingin menghancurkan Islam. Diantaranya adalah menghalangi halangi manusia dari jalan Allah, jalan yang lurus.  Allah Ta’ala  berfirman :

اتَّخَذُوا أَيْمَانَهُمْ جُنَّةً فَصَدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ إِنَّهُمْ سَاءَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Mereka menjadikan sumpah sumpah mereka sebagai perisai  lalu mereka menghalang halangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya, betapa buruknya apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S al Munafiqun 2)

Selain itu, orang orang munafik telah mencela dan menganggap bahwa orang orang beriman  sebagai orang bodoh tetapi Allah Ta’ala Yang Maha Mengetahui, membela dengan tegas bahwa SESUNGGUHNYA ORANG ORANG MUNAFIK ITULAH YANG BODOH. Allah Ta’ala menjelaskan hal ini dalam firman-Nya :

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ آمِنُوا كَمَا آمَنَ النَّاسُ قَالُوا أَنُؤْمِنُ كَمَا آمَنَ السُّفَهَاءُ ۗ أَلَا إِنَّهُمْ هُمُ السُّفَهَاءُ وَلَٰكِنْ لَا يَعْلَمُونَ

Dan apabila dikatakan kepada mereka : Berimanlah kamu sebagaimana orang lain beriman !. Mereka menjawab : Apakah kami akan beriman seperti orang orang bodoh itu beriman ?. Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang orang yang bodoh, tetapi mereka tidak  mengetahui.  (Q.S al Baqarah 13).

Oleh karena itu, sebagai balasan bagi orang orang  munafik maka Allah Ta’ala akan  memberikan tempat yang paling buruk bagi mereka di akhirat kelak. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Sungguh, orang orang munafik  itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapatkan seorang penolong pun bagi mereka. (Q.S an Nisaa’ 145)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.820).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar