Minggu, 22 Desember 2019

BACALAH AAMIIN KETIKA SELESAI MEMBACA AL FATIHAH


BACALAH AAMIIN KETIKA SELESAI MEMBACA AL FATIHAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika ada shalat berjamaah untuk shalat yang jahr atau dikeraskan bacaan imam maka bergemalah suara aamiin  di masjid bahkan terdengar dengan jelas di luar masjid.
Ketahuilah bahwa malaikatpun ikut membaca aamiin meskipun kita tidak tahu suara aamiin-nya seperti apa karena mereka adalah makhluk ghaib. Tentang dalil bahwa malaikat juga membaca aamiin akan datang penjelasannya  yang insya Allah dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim yaitu di bagian akhir  tulisan ini.

Ketahuilah bahwa membaca aamiin bukan hanya pada saat membaca surah al Fatihah di dalam shalat tapi pada setiap waktu setelah membaca surah al Fatihah. Ini tidak wajib tetapi sunnah dan orang orang beriman tentu akan senantiasa membacanya karena memang disyariatkan.

Berkata Imam Ibnu Katsir rahimahullah : Disunnahkan bagi yang membaca surah Al Fatihah untuk mengucapkan aamiin setelah membacanya. Ulama Syafi’iyah dan ulama lainnya menyatakan bahwa dianjurkan mengucapkan aamiin bagi orang yang membaca Al Fatihah di luar shalat TERLEBIH LAGI JIKA DI DALAM SHALAT BAIK DIA SHALAT SENDIRI ATAU MUNFARID, SEBAGAI IMAM MAUPUN SEBAGAI MAKMUM. Begitu pula di keadaan lainnya. (Tafsir Ibnu Katsir)

Mufti kerajaan Saudi Arabia di masa silam, Syakh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata :  Bahwa ucapan aamiin setelah surah al Fatihah bukanlah bagian dari ayat al Fatihah. Ucapan aamiin adalah sebuah doa yang bermakna : KABULKAN DOA KAMI YAA ALLAH.
Hukum membaca aamiin tersebut adalah sunnah, bukanlah wajib, yaitu disunnahkan setelah membaca surat al Fatihah. Orang yang membaca sura al Fatihah, baik di dalam shalat maupun di luar shalat, baik dia sebagai imam, sebagai makmum, maupun shalat sendiri, maka dianjurkan mengucapkan aamiin. (Lihat ibnubaz.org.sa).

Kesimpulannya adalah bahwa membaca aamiin setelah surah al Fatihah bukanlah wajib tetapi sunnah. Tetapi bagi yang membacanya tentulah Allah Ta’ala  menyediakan banyak kebaikan baginya terlebih lagi ketika SHALAT JAHR  bersama imam yaitu shalat Shubuh, Maghrib dan ‘Isya.

Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :  

إذا قال الإمام غير المغضوب عليهم ولا الضالين، فقولوا : آمين، فإنه من وافق قوله قول الملائكه غفر له ما تقدم من ذنبه
Apabila seorang imam mengatakan,’ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ maka katakanlah oleh kalian aamiin. Sesungguhnya siapa yang ucapan (aamiin) nya bersamaan dengan UCAPAN (AAMIIN) MALAIKAT  maka dosanya yang lalu akan diampuni. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Dari hadits ini dapatlah diambil faedah, diantaranya : (1) Sangatlah beruntung orang orang yang shalat bersama imam karena dosanya diampuni dengan mengucapkan aamiin bersama Malaikat. (2) Ini adalah salah satu keutamaan dan keuntungan bagi orang orang yang shalat berjamaah di masjid.  (3) Malaikat juga ikut membaca aamiin ketika imam selesai membaca غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ .

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.839)


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar