Senin, 31 Oktober 2016

SIAPAKAH YANG DISEBUT SEJAHAT JAHAT MAKHLUK



SIAPAKAH YANG DISEBUT SEJAHAT JAHAT MAKHLUK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ternyata di dunia ini ada manusia yang disebut dengan sejahat jahat makhluk. Siapakah mereka itu ?.  Sungguh telah  dijelaskan Allah Ta’ala dalam  firman-Nya :  “Innalladzina kafaruu min ahlil kitaabi wal musyrikiina fii naari jahannama khaalidiina fiihaa, ulaa-ika hum syarrul bariiyah”. Sungguh, orang orang yang kafir dari golongan ahlil Kitab dan orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya selama lamanya. Mereka itu adalah sejahat jahat makhluk.(Q.S al Baiyinah 6). 

Para ulama telah menjelaskan makna sejahat jahat makhluk dalam ayat ini, diantaranya : 

Pertama : Syaikh as Sa’di berkata : “Mereka itu (orang kafir dan orang musyrik)  adalah seburuk buruk makhluk” maknanya adalah : Karena mereka tahu kebenaran namun mereka meninggalkannya, mereka rugi dunia dan akhirat. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Kedua : Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Orang orang kafir dari kalangan Yahudi, Nasrani dan Musyrik adalah sejahat jahat makhluk di sisi Allah Ta’ala.
Jika (Allah mencap) mereka sebagai makhluk yang jahat maka tidak akan terbesit dalam benak kita kecuali hal hal yang buruk (tentang mereka), karena penjahat akan melahirkan kejahatan. Maka tidak mungkin kita dapat berprasangka baik kepada mereka.  (Kitab Tafsir Juz ‘Amma)

Kalau begitu masih adakah orang beriman yang mau menjadikan mereka, manusia yang sejahat jahat makhluk itu, sebagai teman dekat apalagi menjadikan pemimpin ?. Na’udzubillah.

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (855)




1 komentar:

  1. Ulama juga ada..

    Dari Ali bin Abi Thalib Ra. ia berkata: Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi waSallam :
    "... Ulama mereka adalah sejahat-jahat makhluk yang ada di bawah kolong langit. Dari merekalah keluar fitnah, dan kepada mereka fitnah itu akan kembali,"
    (HR.al-Baihaqi).

    BalasHapus