Jumat, 16 September 2016

KUNCI KUNCI KEBAIKAN ADA DIMANA ?



KUNCI KUNCI KEBAIKAN ADA DIMANA ?

Oleh : Azwir B. Chaniago

Imam Ibnul Qayyim berkata : Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah membuat kunci dan pintu masuk bagi kebaikan dan keburukan. Memang segala sesuatu itu ada kuncinya. Wahb bin Munabih berkata :  Ingat setiap pintu pasti mempunyai gerigi. Jika engkau diberi kunci yang bergerigi maka engkau bisa membuka pintu. Kalau tidak ada gerigi maka engkau tidak bisa membuka pintu.  (Hadil Arwaah ila Biladil Afraah).

Dari berbagai jenis kunci pembuka sesuatu maka kunci paling utama  yang paling  kita inginkan adalah kunci  surga. Rasulullah dalam  sabdanya menjelaskan beberapa kunci surga, diantaranya :

Pertama : Rasulullah bersabda : “Miftaahul jannati syahaadatu an laa ilaha ilallah”. Kunci surga adalah kesaksian la ilaaha ilallahu (tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah). H.R Imam Ahmad.

Kedua : Dari Anas bin Malik dia berkata bahwa ada orang Arab Badui yang bertanya : “Wahai rasulullah, apa kunsi surga itu ?. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Yaitu lailaha ilallahu (tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah) H.R Abu Nu’aim.

Ketiga : Dari Muadz bin Jabbal dia berkata bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Maukah engkau aku tunjukkan salah satu kunci surga ?. Aku menjawab : Yam au. Rasulullah bersabda : “Yaitu ucapan la haula wa la quwwata illa billahi (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan Allah”.  (H.R Imam Ahmad).
Sungguh sangatlah banyak kunci kebaikan bagi seorang muslim.  Diantaranya adalah sebagaimana sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Ibnul Qayyim  dalam Kitab Hadil Arwaah ila Biladil Afraah. 

Diantaranya kata beliau : (1) Kunci haji adalah ihram. (2) Kunci segala kebaikan adalah kejujuran. (3) Kunci ilmu adalah bertanya dengan baik dan serius dalam mendengar. (4) Kunci kemenangan dan kejayaan adalah sabar. (5) Kunci penambah nikmat adalah syukur.
(6) Kunci keberuntungan adalah takwa. (7) Kunci kehidupan hati adalah merenungkan al Qur an, merendahkan diri, berdoa pada waktu sahur dan meninggalkan dosa. (8) Kunci rizki adalah bekerja dengan disertai istighfar dan takwa. (9) Kunci kemuliaan adalah taat kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya, dan (10) Kunci segala keburukan adalah cinta dunia dan panjang angan angan.

Kita bermohon kepada Allah Ta’ala kiranya diberi berbagai kunci untuk melaksanakan kebaikan sehingga bisa selamat di dunia dan di akhirat kelak. Aamiin. (797)
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar