Rabu, 17 Oktober 2018

PERBANYAK DOA MEMOHON KESEHATAN KETIKA SEHAT


PERBANYAK DOA MEMOHON  KESEHATAN KETIKA SEHAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Pada waktunya, ketika Allah Ta’ala berkehendak, maka setiap orang bisa mengalami sakit.  Sakitnya bisa berat bisa pula ringan. Bisa sakit lama baru sembuh dan bisa pula cepat pulih. 

Bagaimanapun,  orang orang beriman  sangat berkeinginan untuk terus menerus berada dalam keadaan sehat sehingga bisa melakukan ibadah kepada Allah dengan sebaik baiknya. Selain itu bisa pula melakukan kegiatan yang ber manfaat bagi sesama.

Oleh sebab itu berbagai upaya dilakukan agar tetap berada dalam keadaan sehat secara fisik. Diantaranya adalah : (1) Menjaga jenis makanan dan pola makan. (2) Menjaga pola pikir yang senantiasa positif dan baik sangka. (3) Melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan fisik seperti olah raga dan yang lainnya.

Selain itu dan paling utama adalah selalu berdoa kepada Allah Ta’ala agar diberi kesehatan. Cuma saja, kalau kita perhatikan, kebanyakan manusia BANYAK BERDOA MEMOHON DIBERI KESEHATAN KETIKA SAKIT. Ini tentu tidak salah bahkan sangat dianjurkan dan memang harus demikian. Diantara doa ketika sakit adalah sebagaimana diajarkan Rasulullah, yaitu : 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Ya Allah, Rabb Pemelihara manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah. Engkau-lah Yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan yang sesungguhnya kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sedikitpun penyakit (H.R Imam Bukhari dan Imam  Muslim).

Namun demikian ingatlah bahwa seorang hamba janganlah berdoa hanya ketika setelah didatangi penyakit. Memang ada sebagian saudara yang terkadang lupa berdoa memohon diberi kesehatan pada saat kondisinya sehat. Seolah olah akan sehat selamanya. Oleh karena itu   sangatlah dianjurkan untuk selalu BERDOA MEMOHON KESEHATAN PADA SAAT BADAN SEHAT bahkan  setiap saat. Diantara doa yang sangat dianjurkan  dan diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam adalah : 

 اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَا َللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ
  اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah !. Selamatkan tubuhku dari penyakit (dan yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan penglihatanku, tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Engkau. Ya Allah ! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kekufuran dan kefakiran. Aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur, tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Engkau.

Doa ini dibaca tiga kali pada rangkaian dzikir pagi yaitu setelah shalat shubuh dan pada dzikir petang yaitu setelah shalat ashar. Doa ini adalah diriwayatkan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Imam Ahmad dan Abu Dawud.

Jadi seorang hamba sangatlah diajurkan untuk berdoa memohon diberi kesehatan bukan hanya pada saat sakit tapi juga dalam keadaan sehat. Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (1.420)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar