Minggu, 21 Oktober 2018

BERMOHONLAH KEPADA ALLAH AGAR AMALMU DITERIMA


BERMOHONLAH KEPADA ALLAH AGAR AMALMU DITERIMA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala memerintahkan jin dan manusia untuk beribadah, menyembah dan mengabdi HANYA KEPADA-NYA SAJA. Allah Ta’ala berfirman : 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku. (Q.S adz Dzaariat 56).

Adalah menjadi keinginan yang sangat besar dari setiap orang beriman untuk menghambakan diri dan beribadah kepada-Nya dengan sebaik baik ibadah : (1) Ikhlas karena Allah Ta’ala, dan (2) Ittiba’ yaitu mengikuti apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam.

Terkadang bisa jadi timbul rasa khawatir jangan jangan amal ibadah kita tidak diterima. Oleh karena itu kita terus berusaha untuk melakukan ibadah atau amal shalih yang dilandasi iman. Sungguh amal shalih yang dilandasi iman adalah modal atau bekal kita untuk kembali ke  negeri akhirat dengan selamat. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapatkan surga yang mengalir dibawahnya  sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 11). 

Ketahuilah bahwa Nabi Ibrahim pun memiliki rasa khawatir kalau amalnya tidak diterima. Pada saat Nabi Ibrahim bersama anaknya Nabi Ismail telah meninggikan bangunan Ka’bah atas perintah Allah maka beliau berdoa agar amalnya diterima.

Doa beliau disebut dalam al Qur an, yaitu : 

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Dan ingatlah ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa) : YA RABB KAMI, TERIMALAH (AMAL) DARI KAMI. Sungguh Engkaulah yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (Q.S al Baqarah 127)

 Doa ini sangatlah baik untuk kita lazimkan membacanya karena ini adaah doa Nabi Ibrahim dan tercantum  dalam al Qur an.
 
Selain itu Rasulullah juga mengajarkan satu memohon agar amal diterima, yaitu :

   اللهُّمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعًا وَ رِزْقاً طَيِّباً وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah sungguh aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang baik, dan amalan yang diterima. (H.R Ibnu Majah dan Ibnu Abdil Bar, dari Ummul Mu’minin, Ummu Salamah. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani)

Doa ini biasa dibaca Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam rangkaian dzikir pagi yaitu setelah shalat shubuh.

Itulah diantara doa doa yang sangat baik kita baca untuk memohon agar amal kita diterima. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.425).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar