Minggu, 28 Oktober 2018

ORANG BERIMAN WAJIB MEMBELA AGAMANYA


ORANG BERIMAN WAJIB MEMBELA AGAMANYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Semua nikmat yang Allah turunkan adalah besar, tak ada yang kecil karena semua nikmat  berasal Allah Yang Maha Besar. Bahkan ada diantara nikmat itu yang paling besar yaitu nikmat Iman dan Islam.

Kita diberi hidayah untuk memeluk Islam ini yaitu agama di sisi Allah dan agama yang sempurna serta diridhai-Nya. Allah Ta’ala  berfirman :

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ

Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. (Q.S al Ma-idah 3)

Allah Ta’ala berfirman : 

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ

Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam. (Q.S Ali Imran 19)
Diantara rasa syukur kita kepada Allah Ta’ala karena diberi nikmat yang sangat besar yaitu nikmat Iman dan Islam maka kita berkewajiban membela dan menolong (agama) Allah.

Ketahuilah bahwa ada manfaat  besar yang akan mendatangi para penolong agama Allah.  Diantaranya, Allah Ta’ala telah berjanji untuk menolong  orang yang menolong agama Allah yaitu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَقَوِىٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Mahakuat lagi Mahaperkasa. (Q.S  al Hajj  40).

Syaikh as Sa’di berkata : (Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) Nya), yaitu orang yang melakukan pembelaan terhadap agama-Nya dengan ikhlas kepada-Nya dalam melaksanakannya. Berjuang di jalan-Nya agar kalimatulah-lah yang paling tinggi. 

Sesungguhnya tumpuan kalian yang kuat lagi perkasa dan tempat bergantung kalian ialah Dzat yang menciptakan kalian dan menciptakan apa yang telah kalian kerjakan. Maka tempuhlah langkah langkah yang diperintahkan-Nya untuk dilakukan. Kemudian mintalah kemenangan dari-Nya. Sudah mesti Dia akan menolong kalian. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Selain itu Allah berjanji akan meneguhkan kedudukan orang yang beriman yang senantiasa berusaha menolong (agama) Allah. Allah berfirman : “Yaa aiyuhal ladziina aamanuu in tanshurullaha yanshurkum wa yutsabbit aqdaamakum”. Wahai orang orang yang beriman !. Jika kamu menolong (agama) Allah niscaya Dia akan menolongmu dan MENEGUHKAN KEDUDUKANMU. (Q.S Muhammad 7).

Sungguh Allah Ta’ala telah memerintahkan hamba hamba-Nya untuk menolong agama-Nya yaitu sebagaimana firman-Nya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا أَنْصَارَ اللَّهِ كَمَا

Wahai orang orang yang beriman jadilah kamu penolong (agama) Allah. (Q.S ash Shaff 14).

Apa makna penolong (agama) Allah ?. Syaikh as Sa’di antara lain menjelaskan bahwa jadilah kamu penolong bagi agama Allah yaitu melalui PERKATAAN DAN PERBUATAN DENGAN GIGIH MENEGAKKAN AGAMA ALLAH. 

Termasuk menolong agama Allah adalah mempelajari kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya serta mengajarkannya, mendorong orang lain untuk   mempelajarinya serta mengajarkannya serta menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Jadi diantara bentuk menolong agama Allah adalah MELALUI PERKATAAN DAN PERBUATAN DENGAN GIGIH DAN USAHA YANG SUNGGUH SUNGGUH. 

Orang beriman wajib membela agama ini ketika agama ini dihina, dilecehkan BAHKAN AKAN DIHANCURKAN oleh musuh musuhnya. Lalu bagaimana dan seperti apa pembelaan yang bisa dilakukan. Ini tentu disesuaikan dengan kedudukan dan kemampuan masing masing.

Pada saat ada kesempatan memilih pemimpin misalnya maka sebelum hari pemilihan,  orang orang beriman berkewajiban menjelaskan kepada orang di lingkungannya tentang siapa calon pemimpin YANG JANGAN DIPILIH, agar orang orang tidak tertipu dengan promosi bohong serta pencitraan  dari calon yang tak pantas menjadi pemimpin.

Ketika ada calon pemimpin yang terlihat TAK MEMBELA ISLAM maka jangan dipilih karena ujung ujungnya akan merusak Islam. Kalau kita memilihnya berarti kita bersekongkol dan bekerja sama dengannya untuk berbuat keburukan terhadap Islam. Tentu sangatlah besar adzab dari Allah yang akan kita terima.

Apalagi kalau sudah jelas bahwa calon pemimpin itu didukung oleh ORANG ORANG KAFIR DAN MUNAFIK SERTA ORANG ORANG YANG MEMUSUHI ISLAM.
Sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya : 

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan kebajikan) dan takwa. Dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pemusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat berat siksaannya. (Q.S al Maidah 2).

Kita bermohon kepada Allah Ta’ala agar selalu diberi taufik dan kekuatan untuk membela Islam ini agar tetap tegak dengan kokoh di bumi ini. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.440)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar