Kamis, 04 Oktober 2018

ANCAMAN BAGI YANG SENGAJA MENINGGALKAN SHALAT JUM AT


ANCAMAN BAGI YANG SENGAJA MENINGGALKAN 
  SHALAT JUM AT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Shalat Jum at merupakan kewajiban penting bagi orang orang beriman pada setiap pekan. Perkara ini dijelaskan Allah Ta’ala dalam firman-Nya : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allâh dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Q.S al Jumu’ah 9).

Dikuatkan lagi dengan sabda Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam :

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ

(Shalat) Jum at adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dalam jama’ah kecuali bagi empat orang: budak yang dimiliki, wanita, anak kecil dan orang yang sakit. (H.R Abu Daud dishahihkan oleh   Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengancam orang-orang yang wajib menghadiri shalat Jum’at tetapi tidak mendatanginya dengan ancaman yang keras.  Diriwayatkan dari Abdullâh bin Umar Radhiyallahu anhuma dan Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa keduanya mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di atas mimbar :

لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمْ الْجُمُعَاتِ أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنْ الْغَافِلِينَ

Hendaklah orang yang suka meninggalkan shalat Jum at menghentikan perbuatan mereka, atau benar-benar Allah akan menutup hati mereka, kemudian mereka benar-benar menjadi termasuk orang-orang yang lalai. (H.R Imam Muslim).

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاثَ مَرَّاتٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

Barangsiapa yang meninggalkan shalat Jum at tiga  kali karena malas, maka Allah akan menutup hatinya. (H.R at Tirmidzi)

Ketahuilah bahwa ketika hati sudah tertutup maka akan mendatangkan kerugian yang besar, diantaranya : (1) Terhalang untuk menerima kebenaran dan petunjuk, setiap kebaikan akan dikesampingkan. (2) Tak peduli betapa besarnya nikmat Allah, sulit bersyukur dan hidup penuh dengan kegelisahan.

Jadi ternyata amatlah buruk akibat yang akan mendatangi orang orang yang sengaja meninggalkan shalat Jum at. Oleh karena itu orang orang beriman tak akan pernah mau meninggalkan shalat Jum at kecuali karena ada udzur syar’i. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.406)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar