Minggu, 10 Januari 2016

RASULULLAH MENJELASKAN TIGA PINTU KEBAIKAN



RASULULAH TELAH MENJELASKAN TIGA PINTU KEBAIKAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap orang menginginkan kebaikan bagi dirinya, keluarganya, hartanya dan yang lainnya. Kebaikan yang diinginkan adalah keselamatan di dunia dan yang lebih utama lagi adalah kebaikan dan keselamatan di  akhirat. 

Diantara doa yang selalu kita baca pada setiap kesempatan adalah doa untuk mendapat keselamatan atau kebaikan yaitu  sebagaimana disebutkan dalam surat al Baqarah 201 : “Rabbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa ‘adzaaban naar”. Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari adzab neraka.   

Untuk memperoleh kebaikan tentulah tidak cukup berdoa saja. Seorang hamba haruslah berusaha melakukan sesuatu yang bermanfaat baginya  sebagai jalan untuk  memperoleh kebaikan yang diharapkan dan dimohon itu.  Diantara caranya adalah melalui atau melewati pintunya sehingga sampai kepada kebaikan. Lalu pintu kebaikan itu ada dimana ? Sungguh Rasulullah telah menunjukkan dan menjelaskan kepada kita tentang  pintu pintu kebaikan itu. 

Dalam sebuah hadits hasan shahih yang diriwayatkan Imam at Tirmidzi, Rasulullah bersabda : (Wahai Muadz) maukah engkau aku tunjukkan pintu pintu kebaikan. Lalu Rasulullah melanjutkan sabdanya. 

(Pertama) : Puasa adalah perisai. Yang dimaksud adalah perisai (tameng, penghalang, pelindung) dari perbuatan maksiat. Jika seorang hamba terlindung dari maksiat maka dia akan terlindung pula dari api neraka.

(Kedua) : Sedekah menutup kesalahan sebagaimana air mematikan api.

(Ketiga) : Dan shalat seseorang ditengah malam. (Yang dimaksud adalah bahwa shalat malam juga menghapuskan kesalahan sebagaimana sedekah dan juga salah satu pintu kebaikan). 

Itulah diantara tiga pintu yang dapat dilalui seorang hamba untuk sampai kepada kebaikan yang diinginkannya di dunia dan di akhirat yaitu puasa, sedekah dan shalat malam.

Oleh karena itu bersegeralah mendatangi pintu pintu  itu. Jangan menunggu lagi. Bersegeralah untuk  mendapatkan kebaikan. Semoga Allah Ta’ala memberikan kekuatan kepada kita semua untuk mampu melalui semua  pintu   yang akan menyampaikan kita kepada kebaikan.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam (535)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar