Selasa, 26 Januari 2016

MEMAAFKAN DAPAT TIGA KEUNTUNGAN



MEMAAFKAN DAPAT TIGA KEUNTUNGAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Diantara makna memaafkan adalah engkau mempunyai hak untuk membalas terhadap orang lain yang menzhalimi dirimu tetapi engkau melepaskan (hakmu itu), tidak menuntut qishash atau membalas ataupun menuntut denda kepadamya (Minhajul Qashidin, Imam Ibnu Qudamah). 

Imam Raghib Ashbahani berkata : Suka memaafkan adalah bagian dari sikap santun. Orang yang santun adalah ketika dizhalimi dia bersikap santun dan ketika dia mampu membalasnya dia malah memaafkan.

Memaafkan kesalahan  memang  sulit untuk dilakukan karena seseorang yang dizhalimi punya kecenderungan untuk membalas. Kalau mampu dia akan membalas dengan balasan yang melebihi dari kezhaliman yang dia terima. 

Sungguh Islam yang mulia ini sangat mendorong umatnya untuk senantiasa menjadi manusia yang suka memaafkan kesalahan orang lain. Bahkan suka memaafkan kesalahan  termasuk salah satu tanda orang yang bertakwa. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : (Orang yang bertakwa adalah) Orang-orang yang berinfak baik di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan marahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik. Q.S. Ali Imran 134).

Syaikh as Sa’di berkata : Termasuk dalam tindakan memaafkan adalah memaafkan segala hal yang terjadi dari orang yang berbuat buruk kepada kita baik perkataan maupun perbuatan. Memaafkan itu jauh lebih baik daripada hanya sekedar menahan marah karena memaafkan adalah membalas dengan kelapangan dada terhadap orang yang berbuat buruk (kepada kita). Kitab Tafsir Karimir Rahman.

Oleh karena itu jadilah orang orang yang suka memaafkan. Bukankah kita juga pada suatu waktu kemungkinan besar untuk berbuat salah kepada orang lain dan kita juga sangat berharap agar kesalahan kita dimaafkan. Tentu tidaklah  tepat bila  kita ingin dimaafkan atas kesalahan kita kepada seseorang sementara kita tidak  mudah untuk memberi maaf. 

Sungguh sangatlah banyak keuntungan dan keutamaan yang akan diperoleh seseorang yang suka memaafkan kesalahan orang lain. Diantaranya adalah :

Pertama : Akan senantiasa memperoleh ampunan Allah.
Setiap saat, seorang hamba memohon ampunan kepada Allah Ta’ala akan kesalahan kesalahan yang dilakukannya. Dia sangat berharap agar Allah Ta’ala mengampuni semua kesalahannya.  Diantara cara untuk mendapatkan ampunan Allah adalah dengan senantiasa memaafkan kesalahan orang lain.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman. : Wal ya’fuu wal yashfahuu, alaa tuhibbuuna an yagfirallau lakum, wallahu ghafuurur rahiim”. Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu. Allah Maha Pengampun Maha Penyayang. (Q.S. an Nur 22)

Kedua : Allah menjamin pahala baginya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Wa jazaa-u saiyi-atin saiyi-atun mitsluha, faman ‘afaa wa ashlaha fa ajruhuu ‘alallahi, innahuu laa yuhibuzh zhaalimiin”.Dan balasan suatu kejahatan adalah yang setimpal dengan kejahatan, tetapi barang siapa yang memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang menzhaliminya) maka pahalanya dari Allah. (Q.S asy Syura 40).
 
Tentang ayat ini, Imam Ibnu Katsir berkata : Semua itu (yaitu memaafkan dan berbuat) tidaklah akan sia sia disisi Allah. 

Ketiga : Suatu perbuatan mulia.
Sungguh memaafkan adalah suatu sikap yang mulia dari seorang hamba dan Allah akan menambah kemuliaannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Wa laman shabara wa ghafara inna dzaalika lamin ‘azmil umuur”. Tetapi barang siapa bersabar dan memaafkan, sunguh itu termasuk perbuatan yang mulia. (Q.S. asy Syura 43).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : ..., Wama zadallahu ‘abdan bi’afwin illa ‘izza. Wama nawadha’a ahadun lillahi illa rafa’ahullah) .... Allah tidak akan menambah untuk seorang hamba karena maafnya (suka memaafkan) kecuali kemuliaan. Dan tidaklah seorang merendahkan hatinya kecuali Allah akan meninggikan (derajat) nya. (H.R. Imam Muslim).

Kita bermohon kepada Allah Ta’ala agar kita diberi  taufik untuk senantiasa menjadi hamba yang pemaaf dan suka berbuat baik dengan mengharap pahala dari-Nya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam (553)

1 komentar:

  1. Trims Semoga ALLOHswt melipatgandakan kebaikan bwat bp dan keluarga, amiinn y rrab..

    BalasHapus