Minggu, 03 Januari 2016

JADIKAN ORANG SHALIH SEBAGAI TEMAN



JADIKAN ORANG ORANG SHALIH SEBAGAI TEMAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Berusahalah mencari dan berteman akrab dengan orang orang shalih. Dia akan memberi manfaat kepada temannya dalam menjaga agama dan ketaatan kepada Allah dan juga akan menjaga hak hak  temannya sebagai seorang Muslim.

Rasulullah bersabda : “ Ar rajuulu ‘ala diini khaliilih. Falyanzhur ahadukum min yukhaalil”. Seseorang itu mengikuti diin (agama, akhlak dan kebiasaan) teman akrabnya. Maka hendaknya seseorang melihat siapa yang dia jadikan teman akrabnya (H.R Abu Dawud, at Tirmidzi dan Imam Ahmad).

Ketahuilah bahwa berteman dengan orang shalih akan mendatangkan banyak manfaat, diantaranya adalah :  (1) Pertemanan dengan orang shalih adalah suatu nikmat yang besar dan sangat dianjurkan dalam syariat Islam (2) Pertemanan dengan orang shalih itu karena Allah bukan karena yang lain. (3) Pertemanan dengan orang shalih insya Allah akan langgeng dari dunia sampai akhirat (4) Pertemanan dengan orang shalih  akan selalu saling mendoakan untuk kebaikan. (5) Pertemanan dengan orang shalih  akan selalu saling ingat mengingatkan tentang kebaikan. (6) Pertemanan dengan orang shalih akan saling memberi udzur dan memaafkan jika ada kesalahan dan kekurangan. (7) Pertemanan dengan orang shalih maka pembicaraan akan selalu berada seputar kebaikan terutama tentang ilmu dan amal.

Mendapatkan teman yang shalih tentu tidaklah mudah dan semuanya adalah dengan pertolongan Allah Ta’ala. Jika sudah memperoleh maka jangan mengabaikannya. Pegang persahabatan itu dengan erat.

Berkata Umar bin Khattab Radhiyallahu 'anhu : Tidaklah seorang hamba diberi kenikmatan yang lebih besar setelah keislaman, selain sahabat yang shalih. Maka apabila kalian mendapati teman yang shalih, peganglah ia erat-erat.

Berkata Imam asy Syafi’i  :  Apabila kalian memiliki teman yang membantumu dalam ketaatan maka genggam erat tangannya, karena mendapatkan seorang sahabat itu sulit sedangkan berpisah darinya itu mudah

Jadi berusahalah agar hubungan pertemanan dengan orang orang shalih tetap terpelihara dan langgeng. Diantaranya adalah dengan cara : (1) Berusaha untuk  berbuat baik kepadanya. (2) Menghindari segala sesuatu yang tidak disukainya. (3) Menahan diri jika diperlakukan tidak  baik.

Kita bermohon kepada Allah agar selalu diberi teman teman yang shalih sehingga keimanan dan ketakwaan kita selalu terpelihara.

Wallahu A’lam. (530)
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar