Sabtu, 30 Januari 2016

DOA TERBAIK UNTUK PENGANTIN



DOA TERBAIK UNTUK PENGANTIN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sangatlah sering kita menghadiri acara pernikahan saudara, kerabat, teman ataupun tetangga. Ini adalah bagian  dari muamalah kita yang hidup bersama masyarakat banyak.

Yang kita lihat adalah bahwa beberapa saat setelah acara pernikahan, biasanya para tamu mengambil kesempatan untuk mengucapkan selamat kepada kedua pengantin bahkan juga kepada orang tuanya.

Biasanya para tamu menyalami penganten (kalau tamu laki laki tidak menyalami pengantin wanita dan juga sebaliknya). Pada saat bersalaman, umumnya tamu mengucapkan : (1) Selamat ya, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah. Terkadang ada yang ingin ringkas lalu mengucapkan, semoga menjadi keluarga samara. (2) Selamat ya, semoga diberi rizki yang banyak dan keturunan yang shalih dan shalihah. (3) Selamat ya, semoga keluarganya langgeng sampai kakek-nenek ataupun juga ucapan lain yang semisal.

Ucapan ini tentu boleh boleh saja. Dan semuanya merupakan harapan bagi para tamu untuk pengantin yang baru saja menikah.

Ketahuilah saudaraku, bahwa sesungguhnya memberikan doa kepada pengantin adalah termasuk dalam sunnah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Apabila Rasulullah menghadiri acara pernikahan maka beliau mendoakan pasangan yang baru menikah dengan mengucapkan : “Barakallahu laka, wabaraka ‘alaika, wa jama’a bainakuma fii khairin”. Semoga Allah memberikan berkah kepadamu dan mencurahkan berkah-Nya atasmu dan mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.  (H.R Imam Ahmad, Abu Dawud, at Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Tentang doa ini, Syaikh  Abdul Aziz bin Fathi as Sayyid Nada berkata : Inilah doa yang sangat agung dan penuh berkah. Merangkum makna makna kebaikan. Seharusnya tidak ditinggalkan atau berpaling darinya dengan mengucapkan doa selainnya.

Namun demikian, kata beliau : Apabila seseorang menggabungkan doa yang diajarkan Rasulullah tersebut dengan doa doa lainnya dari ucapan ucapan selamat dan doa kepada penganten yang semakna dengannya maka hal itu tidaklah mengapa. (Dari Kitab Ensiklopedi Adab Islam).

Oleh sebab itu mari kita lazimkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah ini untuk saudara saudara atau karib kerabat yang baru menikah sebagai tanda kasih sayang kita kepada mereka. Sungguh ini adalah doa yang sangat utama, penuh makna dan insya Allah penuh berkah karena ini adalah doa yang  diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam.

 Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam (558)
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar