Sabtu, 16 Januari 2016

ORANG BERIMAN DIDOAKAN MALAIKAT



ORANG BERIMAN  DIDOAKAN  MALAIKAT

Oleh : Azwir B. Chaniago
Siapa itu Malaikat ?. Malaikat adalah makhluk yang bersifat gaib, diciptakan dari nur (cahaya), yang selalu taat kepada Allah Ta’ala, tidak pernah ingkar kepada-Nya dan tidak membutuhkan makan, minum atau tidur. Mereka tidak mempunyai keinginan apa pun yang bersifat fisik dan juga kebutuhan kebutuhan yang bersifat materil. Mereka menghabiskan waktunya siang dan malam untuk mengabdi kepada Allah Ta’ala. (Ensklopedi Islam 3/135)  

Malaikat adalah salah satu makhluk yang Allah Ta’ala ciptakan lebih dahulu dari manusia. Mereka selalu bertasbih mensucikan Allah Ta’ala, yaitu sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya : “Dan (ingatlah) ketika Rabbmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan  khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau ?" Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."  (Q.S al Baqarah 30).

Malaikat adalah makhluk yang baik, mulia, taat beribadah dan tidak (pernah) mengingkari perintah Allah Ta’ala. “Laa yasbiquu nahuu bil qauli wa biamrihii ya’maluun”. Mereka (para malaikat) tidak berbicara mendahului-Nya dan mereka mengerjakan perintah perintah-Nya. (Q.S al Anbiya’ 27). 

Sungguh orang orang yang beriman dan yang bertaubat adalah orang yang sangat beruntung karena  ketahuilah bahwa ternyata  malaikat yaitu makhluk yang taat kepada Allah Ta’ala,   mendoakan agar Allah mengampuni orang orang yang beriman dan juga memohon agar orang orang beriman di jauhkan dari siksa neraka. Bahkan malaikat yang mendoakannya adalah malaikat yang terpilih yaitu malaikat pemikul ‘Arsy dan malaikat yang ada disekelilingnya.  

Allah berfirman :(Para Malaikat), Yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekitarnya bertasbih memuji Rab mereka dan beriman kepadaNya, serta memohon ampunan bagi orang-orang yang beriman seraya berkata: Wahai Rabb kami, rahmat dan ilmuMu meliputi segala sesuatu. Ampunilah orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalanMu. Peliharalah mereka dari adzab neraka. (Q.S Ghafir 7).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah telah menyediakan untuk kebahagiaan orang orang yang beriman, berupa permohonan ampun para malaikat al muqarrabin untuk mereka dan doa malaikat untuk kebaikan agama dan akhirat mereka. (Para malaikat yang mendoakan itu) adalah malaikat yang diberi tugas oleh Allah Ta’ala memikul ‘Arsy-Nya dan diistimewakan dengan dzikir dan dekat dengan-Nya. Ini membuktikan bahwa mereka adalah jenis malaikat yang paling utama.

“Dan mereka memintakan ampun bagi orang orang yang beriman”. Ini adalah salah satu diantara faidah dan keutamaan beriman yang sangat banyak yaitu dimana para malaikat yang sama sekali tidak mempunyai dosa memohonkan ampun untuk orang orang yang beriman. Jadi, seorang yang beriman karena imannya memperoleh karunia yang sangat agung ini. (Lihat Tafsir Karimir Rahman).  

Selain itu, para malaikat  juga mendoakan kenikmatan surga bagi orang beriman serta orangtua, istri, dan keturunannya yakni sebagaimana dimaksud dalam firmanNya : “Wahai Rabb kami, masukkanlah mereka (orang-orang beriman) ke dalam surga ‘Adn yang Engkau janjikan kepada mereka dan orang orang shalih diantara nenek moyang mereka,  istri istri, dan keturunan mereka. Sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.

Dan peliharalah mereka dari (bencana)  kejahatan. Dan orang orang yang Engkau peliharan dari (bencana) kejahatan pada hari itu, maka sungguh Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan demikian itulah kemenangan yang agung”. (Q.S Ghafir 8-9)

Sungguh kita  merasa beruntung jika didoakan oleh saudara saudara kita sesama muslim apalagi mendapat doa dari guru guru kita dan dari orang orang shalih. Dan tentu juga  akan sangat senang pula apabila doa malaikat selalu mengalir kepada kita karena keimanan yang selalu kita pelihara.

Oleh karena itu  sangatlah  bermanfaat jika kita senantiasa memelihara dan meningkatkan iman kita, sehingga kita termasuk kelompok orang orang yang terus menerus  mendapatkan doa dari makhluk Allah yang mulia yaitu malaikat yang didekatkan kepada-Nya. 

Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Wallahu A’lam.  (542)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar