Jumat, 30 Oktober 2015

ADAB IMAM MALIK TERHADAP HADITS NABI



ADAB IMAM MALIK TERHADAP HADITS NABI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Imam Malik bin Anas, adalah salah seorang diantara Imam Mazhab yang empat. Beliau wafat di Madinah, tahun 179 H. Diantara Kitab yang beliau tulis dan sangat masyhur sampai saat ini adalah Kitab Hadits yaitu al Muwaththa’ yang terdiri dari 32 Kitab dengan jumlah hadits 1.594.

Beliau adalah salah seorang ulama yang sangat beradab terhadap as Sunnah atau hadits Nabi. Salah satu adab beliau adalah jika akan mengajarkan hadits kepada murid muridnya maka beliau mandi atau berwudhu’ terlebih dahulu. Kemudian memakai wangi wangian, duduk dengan tentang dan sopan, baru berbicara. Ini beliau lakukan dalam rangka menjaga adab terhadap hadits.  

Selain itu, jika ada seseorang dalam majlisnya yang mengeraskan suara ketika beliau membawakan hadits hadits Nabi, maka beliau menegurnya  dengan  mengatakan  : Sungguh Allah telah berfirman : “Yaa aiyuhal ladziina aamanuu laa tarfa’uu ashwaatakum fauqa shautin nabiyi”. Wahai orang orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara Nabi. (Q.S al Hujuraat 2).

Kemudian  beliau menjelaskan maksud ayat tersebut : Barang siapa meninggikan suara ketika hadits Nabi dibacakan, maka dia seperti meninggikan suaranya diatas suara Nabi ketika beliau masih hidup.

Oleh sebab itu mari kita jaga adab adab kita terhadap hadits hadits Nabi agar kita bisa mendapat manfaat yang banyak darinya. 

Wallahu A’lam (449)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar